21 January 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Asmaul Husna Ke-18
Belum Dapat Jodoh dan Anak Serta Rezeki Tidak Lancar, Amalkan Zikir Ini

...

  • Helmi Abu Bakar El-Langkawi
  • 09 January 2018 09:00 WIB

ALFATTAH, asma Allah yang menempati urutan kedelapanbelas dalam Asmaul Husna. Dalam hal ini Syekh Al-Fairuz Abâdi rmenjelaskan bahwa nama ini secara bahasa berarti al-hâkim (yang memutuskan hukum) (al-Qâmus al-Muhîth hlm. 298)

Sementara itu menurut Ibnul Atsîr rahimahullah berkata: “(Arti nama Allâh) al-Fattâh adalah Yang Membuka pintu-pintu rezeki dan rahmat bagi hamba-hamba-Nya, ada juga yang mengatakan (artinya), Yang Maha Memberi hukum di antara hamba-Nya” (Kitab an-Nihâyah fi Gharîbil Hadîtsi wal Atsar 3/771)

 Salah satu ayat yang membahas tentang zikir ini dijabarkan dalam firman Allah SWT berbunyi: "Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui" [QS. Sabâ: 34 :26)

Mengomentari nama al-Fattâh, Imam Ibnu Jarîr ath-Thabari dalam karyanya?menyebutkan: “Allâh (Dialah) Yang Maha pemberi keputusan hukum lagi Maha Mengetahui hukum (yang tepat dan adil) di antara hamba-Nya, karena tiada sesuatu pun (dari keadaan mereka) yang tersembunyi di hadapan-Nya, dan Dia tidak membutuhkan saksi untuk menentukan siapa yang benar dan siapa yang salah”(Kitab Jâmi’ul Bayân fî Ta’wîlil Qur’ân 20/405)

Ayat lain yang menjelaskan zikir ini berbunyi:”Apa saja yang Allâh anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh-Nya maka tidak ada seorang pun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu." [QS. Fâthir/35:2] 

Sebagian ulama lainnya juga menyebutkan makna zikir ini. Al-Fattâh adalah Yang Maha Memutuskan hukum di antara hamba-hamba-Nya dengan hukum-hukum dalam syariat-Nya, dan hukum-hukum (ketetapan-ketetapan) dalam takdir-Nya, serta hukum-hukum al-jazâ’ (balasan amal perbuatan yang baik dan buruk), Yang Maha Membuka mata hati orang-orang yang jujur (benar) dengan kelembutan-Nya, Membuka pintu hati mereka untuk mengenal, mencintai dan selalu kembali (bertaubat) kepada-Nya. Membuka pintu-pintu rahmat-Nya dan berbagai macam rezeki, serta memudahkan bagi mereka sebab-sebab untuk mencapai kebaikan di dunia dan akhirat. 

 Kelebihan Zikir Al-Fattah

Di antara kelebihan zikir ini adalah: Pertama, Jika diamalkan secara rutin bisa membuka rezeki, membuka jodoh, membuka jalan usaha, membuka pikiran yang tertutup, membuka langit, membuka ampunan. Apa saja yang terasa tertutup dan kita ingin membukanya dengan izin Allah maka zikir mengulang-ulang nama Allah Ya Fattah bisa dilakukan. 

Kedua, mereka yang belum punya jodoh, zikir ini berarti memohon agar dibukakan jodohnya, dipertemukan dengan orang tepat dan bisa membimbing dan dibimbingnya menuju jalan Allah.

Ketiga, mereka yang belum punya anak, zikir ini berarti memohon agar diberi kesempatan memiliki buah hati dari rahim sendiri.

Keempat, mereka belum punya pekerjaan, zikir ini berarti memohon agar dibukakan jalan menuju pekerjaan impian atau di bukakan jalan untuk memulai usaha sendiri.

Kelima, mereka yang punya banyak dosa, zikir ini berarti memohon agar pintu ampunan Allah dibukakan untuknya.

Keenam, mereka yang punya banyak masalah, zikir ini berarti memohon dibukakan jalan keluar dan solusi dari semua masalah yang menimpa.

Ketujuh, mereka yang lagi sakit, zikir ini berarti memohon dibukakan jalan kesembuhan baginya.

Kedelapan, mereka yang merutinkan diri berzikir ‘Ya Fattah’ sebanyak 71 kali selepas selesai solat Maghrib. Insya’Allah hati kita akan dibuka oleh Allah sehingga mudah menerima nasihat agama.

Kesembilan, seseorang membaca ‘Ya Fattah’ sebelum atau sesudah solat Subuh sebanyak 70 kali dengan dua tangan diletakkan ke atas dada, Insya’Allah hati akan bersih dan bercahaya, dimudahkan segala pekerjaan dan keluar cinta dunia dari hatinya.

Kesepuluh, seseorang yang mewiridkan ‘Ya Fattah’ berulang kali secara istiqamah, Insya’Allah akan terbuka hatinya dan diberikan jalan untuk berjaya.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.