16 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Ramadhan Mubarak:
Bersedekah di Bulan Ramadhan

...

  • Helmi Abu Bakar El-Langkawi
  • 11 June 2018 17:00 WIB

Ilustrasi. @ist
Ilustrasi. @ist

Salah satu bulan yang memiliki kelebihan dan kemuliaan adalah Ramadhan. Syahrul mubarak (bulan mulia). Apabila kita tidak mengisinya dengan amal kebaikan tentunya sebuah kerugian besar.

Ramadhan merupakan saat yang paling tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dan juga memohon ampunan kepada Allah SWT. Salah satu amal yang mempunyai pahala besar di bulan ini adalah sedekah.

Sedekah itu mempunyai pahala berlipat ganda. Ibadah dengan bersedekah merupakan amalan yang bisa dilakukan kapan saja. Namun, berbeda dengan bulan-bulan lainnya, semua amal baik yang kita lakukan di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk bersedekah.

Tidak hanya mendapat pahala berlipat ganda, bersedekah sekaligus sebagai penyempurna ibadah yang kita lakukan. Mereka yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir.

Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan tentang tujuh jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir. Salah satunya orang yang bersedekah.

Hadis riwayat Bukhari, “Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalanya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya.”

Dengan bersedekah akan memberi keberkahan pada harta. Para ulama menjelaskan bahwa harta seseorang tidak akan berkurang karena bersedekah. Ini mencakup dua hal, pertama hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Kedua, harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut akan ‘impas’ dengan pahala yang didapat berlipat ganda.

Kita mengetahui bahwa sosok Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan teladan terbaik di dunia ini, beliau paling dermawan, dan kedermawanannya lebih dahsyat lagi di bulan Ramadhan.

Sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Alquran. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no. 6)

Hal itu juga ditegaskan Anas bin Malik ra., “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling berani dan paling dermawan”. (HR. Bukhari no.1033, Muslim no. 2307)

Maka perbanyaklah bersedekah di bulan yang mulia ini di samping tidak lupa mengerjakan amal ibadah lainnya.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.