27 April 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dahsyatnya Fadhilah Wirid Jumat Akhir Rajab

...

  • Helmi Abu Bakar El-Langkawi
  • 13 April 2018 11:00 WIB

Ilustrasi. @Istimewa
Ilustrasi. @Istimewa

Kini kita berada di pengujung bulan Rajab. Saat ini kita berada di hari Jumat akhir bulan Rajab. Para ulama menyebutkan bahwa bulan Rajab sangat spesial. Bukan hanya doa dan wirid pada awal dan pertengahan, tapi ada juga wirid khusus pada akhir Rajab, tepatnya Jumat terakhir bulan tersebut.

Salah seoarang ulama, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ra., memberikan ijazah kepada Habib Umar bin Muhammad Maulakhela untuk membaca doa, "Ahmadurrasulullah Muhammadur Rasulullah".

Artinya: “Ahmad adalah Rasulullah. Muhammad adalah Rasulullah (sebanyak 35 kali di hari Jumat terakhir bulan Rajab ketika khatib sedang duduk di antara dua khutbah (berkhutbah).

Lantas apa kelebihan doa tersebut. Beliau berkata, “Barang siapa membaca kalimat di atas pada Jumat terakhir bulan Rajab, ketika khatib sedang duduk di antara dua khutbah (berkhutbah), maka (Insya Allah) selama setahun tangannya tidak akan pernah kosong dari rezeki.”

Di samping  itu masih banyak amalan lain di bulan Rajab ini. Di antaranya, pertama, dalam suatu riwayat disebutkan, bagi yang tidak mampu berpuasa agar memperoleh pahala puasa di bulan Rejab, maka hendaknya setiap hari ia membaca tasbih berikut 100 kali: "Subhânal ilâhil jalîl, subhâna Man lâ yanbaghit tasbîhu illâ lahu, subhânal a’azzil akram, subhâna Man labisal ‘izzi wa huwa lahu ahlun."

Artinya: "Mahasuci Tuhan Yang Maha Agung, Mahasuci yang tak layak bertasbih kecuali kepada-Nya, Mahasuci Yang Maha Agung dan Maha Mulia, Mahasuci yang menyandang keagungan dan hanya Dia yang layak memilikinya".

Kedua, dianjurkan untuk membaca wirid: "Yâ Dzal jalâli wal-ikrâm, yâ Dzan na’mâi wal-jûd, yâ Dzal manni wath-thawl, harrim syaibatî `alan nâri."

Artinya: “Wahai Yang Maha Agung dan Maha Mulia, wahai pemilik kenikmatan dan kedermawanan, wahai pemilik anugerah dan karunia, selamatkan putihnya rambutku dari api neraka”.[]

Referensi: Kitab Khazinatul Asrar dan beberapa referensi lainnya.

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.