20 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ditanya tentang Belajar di Negeri Non Muslim, Ini Jawaban Gus Baha

...

  • portalsatu.com
  • 15 September 2020 10:30 WIB

Muslim Amerika. @AP
Muslim Amerika. @AP

 

Saat silaturahim ke kediaman Abi Quraish Shihab yang tayangkan langsung oleh kanal Najwa Shihab, (akhir Juli, 2020 M)  Gus Baha sempat menyampaikan tentang pengalaman nyantri dan caranya menyikapi hidup. Menurutnya ia banyak belajar dari bapaknya dan Mbah Moen. Sejak kecil ia selalu bercita cita jadi wali. Kini waktunya banyak habis untuk kegiatan ngaji, walau sesekali ia masih sempat jalan jalan pagi bersama puteri kecilnya. Tapi soal medsos, seperti IG dan WA ia memang tidak sempat kelola, bahkan tidak ada no WAnya.

Nana (panggilan Najwa) sempat bertanya bagaimana menyikapi kepopulerannya sekarang. Jawabnya : ia gak mau ambil pikir, populer atau tidak sama saja, tugas saya hanya menyampaikan "maklumat Allah". Ini seperti Nabi Ibrahim yang disuruh Allah untuk memanggil manusia agar datang ke Baitullah, Ka'bah (saat itu belum ramai manusia dan belum ada alat komunikasi). Allah yang Menggerakkan hati segenap manusia untuk datang kesana dengan beragam usaha dan jalan.

Dalam sesi ketiga, saat tanya jawab dengan netizen Najwa, ada yang bertanya bagaimana menyikapi belajar di luar negeri yang nilai nilainya berbeda dengan kita?

Gus Baha menjawab diawali dari kalimat pujian bagi Allah di langit dan di bumi, artinya saat ia pergi ke Korea atau ke negara lain yang non muslim, ia terpikir bagaimana Allah "terpuji disini?"Namun ia masih bisa melihat ada masjid, ia masih bisa meyakini bahwa apa yang dimiliki oleh mereka ini hakikatnya Milik Allah. 

Jadi saat kita berada disana, atau belajar disana, ya jangan minder, tetap menunjukkan keislaman dan kita  hanya "utang jasa" kepada Allah saja. Misalnya air, yang kita anggap milik kita, padahal siapa yang menurutkannya dari langit? atau tanaman yang sedang tumbuh, padahal siapa yang menumbuhkannya selain Allah?, kutip Gus Baha dari potongan makna ayat di surat  Alwaqiah

"Inilah pentingnya kita agar selalu ngaji sehingga dapat memiliki perspektif utuh dan lurus, dan kitapun bisa bahagia menjalani hidup, dalam susah ataupun senang". Tambah Gus Baha.[]


Kiriman Taufik Sentana
Pegiat Literasi Dakwah

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.