13 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Doa, Penawar Kesehatan Mental

...

  • portalsatu.com
  • 10 October 2019 20:05 WIB

Doa. @Shutterstock
Doa. @Shutterstock

Walaupun zaman semakin maju dan menua, masyarakat modern tetap menganggap penting spiritualitas. Terutama di tengah laju perkembangan materialisme dan industri teknologi. Peradaban Barat tidak merinci apa akhir spiritualitas itu, ia hanya dianggap sebagai sikap batin yang transenden, atau rasa pengakuan atas adanya Yang Serba Maha.

Dalam maksud itu, banyak langkah manusia modern untuk merealisasikan sikap "kebertuhanannya", dengan menderma, membuat yayasan amal atau beragam bentuk amal lainnya, yang diyakini sebagai bentuk" terapi personal yang berdampak pada perbaikan sosial. Melalui pendekatan ini diasumsikan bahwa semakin bagus sikap mental individu maka semakin "bagus" pula masyarakatnya dan terhindar dari penyakit sosial, seperti judi,zina, pergaulan bebas, kriminal dst.

Disamping amal di atas, ada bentuk amal pribadi yang khas yaitu doa. Bahkan doa dianggap sebagai otaknya ibadah dalam kultur Islam. Ini menandakan bahwa doa merupakan korelasi dari sikap kehambaan seseorang dan bentuk tertinggi dari kepasrahan pada Sang Khaliq. Disebutkan dalam riwayat Hadis bahwa yang enggan berdoa termasuk hamba yang sombong.

Ketika seseorang berdoa dengan pehuh harap dan kepasrahan, ia telah melepaskan separuh (bahkan lebih) masalah yang ia hadapi. Sikapnya itu juga diyakini dapat meningkatkan hormon bahagia dan imunitas tubuhnya. Sehingga secara fisik ia akan lebih siap menghadapi kemungkinan terburuk yang akan terjadi atau yang sedang menimpanya. Dengan doa juga memungkinkan seseorang  terilhami untuk terus aktif dan berkarya dalam hidup.

Maka lewat forum ini, mari kita yakini kembali bahwa doa sangat bisa menjadi medium bagi pemulihan kesehatan mental. Agar kita lebih bersyukur, rendah hati dan bahagia, apapun keadaan kita. Insyaa Allah.[]

Taufik Sentana
Untuk Catatan "Bahagia setiap Saat".
Peminat kajian sosial dan budaya

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.