19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


GPS, Awal Kekuatan Pemuda di Meulaboh

...

  • portalsatu.com
  • 16 November 2018 07:30 WIB

Tausiyah Subuh oleh Ust Tabsyir Masykar Lc.,MA. @Istimewa/Ali
Tausiyah Subuh oleh Ust Tabsyir Masykar Lc.,MA. @Istimewa/Ali

SUDAH menjadi sunnatullah bahwa akan selalu ada tarik menarik antara gelap dan cahaya. Hal ini berlaku tentulah dalam rangka menguji manusia dan menyeleksi hamba hamba Allah yang terbaik. Dalam pengertian ini, gelap melambangkan kebodohan, kelemahan dan kezaliman. Sedang cahaya melambangkan kebenaran, kebaikan dan petunjuk.

Dalam tatanan hidup yang penuh kemajuan di satu sisi dan pergeseran nilai di sisi lainnya, sungguh amat sulit untuk berdiri tegak dengan keyakinan dan prinsip yang bersih serta  memberi dampak bagi perbaikan masyarakat.

Program program pemerintah dan lembaga sekolah tidak akan memberikan makna bila antarelemen masyrakat ridak saling membahu dalam mewujudkan visi perbaikan.

Banyak upaya yang telah dilakukan, baik diskusi, seminar dan sosialisi tentang pemberdayaan masyarakat dan peningkatan SDM di setiap daerah.

Diantara yang menjadi pokok perhatian pemerintah dan lembaga pendidikan adalah kualitas generasi muda. Merekalah yang akan mengisi estapet  kepemimpinan bangsa pada 10 - 20 tahun mendatang. walau demikian, tantangan terburuknya adalah, dalam tinjauan kapitalistik dan trend budaya dunia, kaum muda juga dianggap sebagai "pasar potensial" untuk beragam produk yang dapat menjauhkan mereka untuk mencapai potensi terbaiknya. Inilah diantara tarik-menarik yang penulis maksud dari paragraf pertama tadi. Kelalaian kaum muda akan masa emas mereka, pada usia 15-27 tahun akan dibayar mahal oleh masyarakatnya kelak.

Tentu beragama cara untuk bisa mempertahankan  energi dan memaksimalkan potensi kaum muda, diantara jalan terbaik dan paling menantang adalah dengan ikut terlibat dalam Gerakan Pemuda Subuh (GPS). 

Usaha yang tampaknya kecil, tapi ini menjadi penanda utama dalam kebangkitan generasi muda. Benih kekuatan inilah yang sedang menggeliat dan diupayakan akan terus tumbuh menjadi Ikon baru di Meulaboh, khususnya (sebab di beberapa daerah lain juga sudah  ada dengan beragam sebutan).

Untuk di Meulaboh, kegiatan Gerakan Pemuda Subuh ini, dikoordinir oleh Aris dan Aulia serta beberapa kawan lainnya yang juga diikuti oleh pemuda dan remaja setempat. Diantara tujuannya adalah untuk mengakomodir potensi generasi muda yang barbasis masjid, menautkan hati mereka ke mesjid. Dalam hal ini Ikatan Dai Aceh Barat akan berupaya untuk bisa terlibat dan menjadi partner strategis. Moga demikian pula halnya pemerintah daerah Aceh Barat.
Khusus subuh Jumat hari ini (16/11/2018), Gerakan Pemuda Subuh berfokus di Masjid Tgku Di Rundeng, sekaligus dengan safari subuh pemda dan kemenag Aceh Barat.

Nantinya kegiatan pemuda subuh ini akan diisi dengan kajian, bakti sosial dan pemberdayaan pemuda. Demikian yang diungkapkan koordinator saat penulis menemuinya kemarin. Diharapkan GPS ini menjadi ikon dan awal baru bangkitnya kekuatan pemuda Meulaboh untuk menyongsong masa depan gemilang penuh tamaddun dan diberkahi.

Selamat untuk pemuda Aceh Barat![]

Penulis: Taufik Sentana, dari Ikatan Dai Indonesia Kab. Aceh Barat.
Peminat kajian sosial-bidaya.

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.