23 January 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Hari Terbaik

...

  • portalsatu.com
  • 04 December 2019 10:00 WIB

Saat ini atau mungkin hari ini merupakan satuan waktu yang paling bisa kita kendalikan. Betapa banyak saudara kita yang berat dalam menyelesaikan hari harinya, entah karena sakit, kesempitan hidup, konflik perang atau lainnya.

Setiap kita mengharapkan hari terbaiknya, walau dengan versinya masing masing. Ada  yang mengganggap hari itu adalah hari kelahirannya, pernikahannya, hari kenangan tertentu atau hari pencapaiannya.

Namun betapa banyak klaim capaian terbaik dan hari terbaik itu justeru disindir oleh Allah sebagai isapan jempol atau kesiaan belaka. Sebab anggapan kebaikan itu tidak dilandaskan pada prinsip dan kaidah yang tepat. Sebab ia pikir kebaikan itu, atau hari terbaik itu hanya potongan capaian materiil, fisikal dan dapat diinderawi secara bebas.

 Sementara ia lupa akan sifat Tuhan Yang Rahman dan Rahim, Razzaq, Wahhab dan Aziz. Yang dengan sifat tadi tercapai semua urusan berdasarkan takaranNya yang rinci. Sedang di dalam kata "Rabb" mengandunga makna "Pencipta, Pemelihara dan Pemberi rezeki". 

Maka adakah yang bisa kita elakkan untuk berlepas diri dari ketergantungan kepada KuasaNya?

Dari keyakinan tersebut barulah kita dapat melampaui hari terbaik kita dengan rangkaian amal-ibadah, kebaikan dan ketataan. Amal menandakan aktivitas manusiawi kita yang dilandaskan pada taabbud, sedang ibadah, sebagai pengkhususan ritual yang terkondisi seperti shalat dst. Adapun kebaikan dan ketaatan adalah puncak takwa yang buah Ihsanul amal. Bila kita sampai pada poin ihsan ini sepanjang waktu waktu kita, barulah itu menjadi hari terbaik. Semoga menjadi terbaik pula saat kita bertemu denganNya. Insyaa Allah.[]

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat
Sedang menyusun Buku Bahagia setiap Saat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.