20 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Hidup Bukan Tentang Menang dan Kalah Semata

...

  • portalsatu.com
  • 30 April 2019 07:30 WIB

Ilustrasi jalan melintasi pegunungan. @Ira Hadiati
Ilustrasi jalan melintasi pegunungan. @Ira Hadiati

 

Taufik Sentana
Banyak menulis prosa dan sangat interes terhadap perubahan sosial.


Hidup terlalu mewah untuk dihitung dengan menang dan kalah. Ya, walaupun hidup memang tidak menyukai orang yang kalah, tapi hidup menyediakan perspektif untuk menilainya kembali. Mungkin banyak yang merasa menang dan beruntung serta dilimpahi kebaikan, tapi apakah itu hanya bermakna baginya seorang?

Menang dan kalah memiliki norma dan jalannya sendiri. Kita tidak akan pernah melampaui apa yang sepantasnya bagi kita. Kaum behavior mungkin menyangka bahwa kekalahan dan kemenangan adalah masalah rekayasa perilaku. Sehingga semua bisa kompromi. Tapi bagi kaum apatis, menang-kalah hanyalah permainan. Padahal, ilmuwan pernah yakin bahwa Tuhan tidak bermain dadu. Artinya, semua dalam kendali supranatural dan dalam wilayah qadrati manusia.

Sebagaimana tema hidup bagi kaum mukmin, kalah dan menang, hanya ujian, hanya jebakan, hanya lompatan untuk hidup yang lebih tinggi.

Jebakan kalah-menang telah mengerdilkan sebagian kita dengan kecurangan dan penyalahgunaan dalam level sosial apapun. Di sekolah sekolah, banyak yang memimpikan peringkat satu sebagai pemenang, padahal kemenangan bukan pencapaian temporal semata, ia hanya jalan dan sikap untuk melanjutkan hidup dengan kepala tegak dan hati yang terbuka untuk sigap merengkuh cahaya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.