05 December 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Hukum Bayi Tabung Menurut Islam, Ini 4 Fatwa MUI

...

  • OKEZONE
  • 26 September 2019 13:00 WIB

Bayi. @Pixabay
Bayi. @Pixabay

SETIAP pasangan suami istri tentu sangat menanti-nantikan kehadiran anak. Hanya saja saja ada yang cepat mendapatkannya, dan ada yang masih tertunda. Sebagian pasangan melalukan segala ikhtiar agar cepat memiliki anak. Salah satu upaya tersebut yakni menerapkan bayi tabung atau imseminasi buatan.

Lalu apa hukum penerapan bayi tabung menurut Islam? Baru-baru ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui laman resminya mengunggah fatwa mengenai halal haram bayi tabung. Berikut fatwa tersebut agar Anda terhindari dari dosa:

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, memutuskan;

Menfatwakan:

1.Bayi tabung dengan sperma dan ovum dari pasangan suami isteri yang sah hukumnya mubah (boleh), sebab hak ini termasuk ikhtiar berdasarkan kaidah-kaidah agama.

2.Bayi tabung dari pasangan suami-isteri dengan titipan rahim isteri yang lain (misalnya dari isteri kedua dititipkan pada isteri pertama) hukumnya haram beraasarkan kaidah Sadd az-zari’ah, sebab hal ini akan menimbulkan masalah yang rumit dalam kaitannya dengan masalah warisan (khususnya antara anak yang dilahirkan dengan ibu yang mempunyai ovum dan ibu yang mengandung kemudian melahirkannya, dan sebaliknya).

3.Bayi tabung dari sperma yang dibekukan dari suami yang telah meninggal dunia hukumnya haram berdasarkan kaidah Sadd az-zari’ah, sebab hal ini akan menimbulkan masalah yang pelik, baik dalam kaitannya dengan penentuan nasab maupun dalam kaitannya dengan hal kewarisan.

4.Bayi tabung yang sperma dan ovumnya diambil dari selain pasangna suami isteri yang sah hukumnya haram, karena itu statusnya sama dengan hubungan kelamin antar lawan jenis di luar pernikahan yang sah (zina), dan berdasarkan kaidah Sadd az-zari’ah, yaitu untuk menghindarkan terjadinya perbuatan zina sesungguhnya.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.