13 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Amalan Sebelum Tidur yang Diajarkan Rasulullah Kepada Aisyah

...

  • Helmi Abu Bakar El-Langkawi
  • 07 December 2017 14:20 WIB

Foto: ilustrasi. @Republika/Musiron
Foto: ilustrasi. @Republika/Musiron

Seseorang ketika merasa kantuk pasti ingin segera menyerahkan diri kepada kasur. Namun, sebelumnya, sebaiknya kita berintrospeksi diri atau muhasabah sesaat sebelum tidur.

Sangat dianjurkan bagi setiap Muslim introspeksi diri sesaat sebelum tidur pada malam hari. Mengevaluasi segala perbuatan yang dilakukan di siang hari. Jika ia merasa sudah melakukan perbuatan baik maka hendaknya memuji kepada Allah Subhannahu wa Ta'ala. Jika sebaliknya, segera memohon ampunan-Nya, kembali dan bertobat kepada-Nya.

Sebaiknya, kita tidur dalam keadaan sudah berwudu, sebagaimana hadis, “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Akan tetapi, bagi seorang Muslim, penyerahan diri itu harus disertai dengan rasa pasrah yang mendalam. Pasrah kepada Allah dengan berdoa dan berzikir telebih dahulu. Sebagaimana diajarkan Rasululah saw., kepada Sayyidah Aisyah ra.

Rasulullah berkata kepada Aisyah, “Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama menghatamkan Alquran. Kedua menjadikan para nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat melaksanakan haji dan umrah”.

Aisyah menjawab, “Bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?”

Seraya tersenyum, Rasulullah berkata, “Apabila engkau membaca surah Al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan Alquran”.

Dan apabila engkau bershalat kepadaku dan kepada semua nabi-nabi maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu. Dan apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah engkau telah melaksanakan haji dan umrah”. Demikianlah petunjuk dari Rasulullah kepada Aisyah.

Bacaan selengkapnya sebagai berikut:

Pertama, membaca: “Qul huwallau ahad…” hingga selesai, dibaca  tiga kali. Kedua, membaca doa, “Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa ala jami’il anbiya’ wal mursalin, tiga kali. Ketiga, membaca doa, “Allahummaghfirli wa liwalidayya wa li jami’il muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat, sekali. Keempat, membaca wirid berbunyi, “Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adhim, tujuh kali.

Itulah amalan menjelang tidur, sebagaimana yang diajarkan Rasulullah kepada Sayyidah Aisyah. Hendaknya sunah ini diikuti oleh segenap orang Muslim. Wallahu a’lam bishawab.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.