25 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Fadhilah Zikir Al-'Aliy

...

  • Helmi Abu Bakar El-Langkawi
  • 15 February 2018 11:20 WIB

Dalam Islam dikenal adanya Asmaul Husna, berasal dari kata ismi (nama) dan husna (baik). Artinya, nama-nama terbaik. Nama-nama tersebut hanya dimiliki oleh Allah SWT. Jumlahnya sebanyak 99. Sebagian besar nama dari Asmaul Husna terdapat dalam Alquran, hanya beberapa di antaranya terdapat dalam hadis.

Zikir Al Asma’ul Husna dimasyhurkan memiliki daya luar biasa, dan menzikirkan masing-masing Asmaul Husna dalam bilangan tertentu diyakini akan memberikan fadhilah (manfaat) tertentu pula.

Sebagai contoh, menzikirkan “Yaa Rahmaan” sebanyak 100 kali setiap selesai shalat Subuh akan memberikan kemudahan-kemudahan hidup dan banyak sahabat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Alquran berbunyi, "Allah mempunyai Asmaa-Ul-Husna (nama-nama yang agung yang sesuai dengan sifat-sifat Allah S.W.T.), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaa-Ul-Husna itu." (Surah Al-A'raf:180).

 Juga disebutkan dalam hadis berbunyi, “Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (HR. Bukhari, no. 2736, Muslim, no. 2677 dan Ahmad, no. 7493).

Zikir Asmaul Husna ke-36 adalah Al 'Aliy dengan makna Maha Tinggi. Zikir ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah berbunyi, "Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dia-lah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang bathil; dan sesungguhnya Allah Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar". (Luqman [31]: 30).

Dalam ayat lain juga disebutkan berbunyi, "Dan tiadalah berguna syafa’at di sisi Allah melainkan bagi orang yang telah diizinkan-Nya memperoleh syafa’at itu, sehingga apabila telah dihilangkan ketakutan dari hati mereka, mereka berkata “Apakah yang telah difirmankan oleh Tuhan-mu?” mereka menjawab: (Perkataan) yang benar, dan Dia-lah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. (Saba’ [34]: 23).

 

Kelebihan zikir Al-'Aliy

Pertama, seseorang ingin mencerdaskan otak anak yang bebal, tulislah zikir “Al-’Aliy” sebanyak 110 kali lalu direndam dalam air yang dingin dan diberikan kepada si anak untuk diminum. InsyaAllah lama kelamaan otak si anak itu akan berubah cemerlang dan tidak dungu lagi. Insya Allah mujarab.

Kedua, seseorang yang menulis  “Al-‘Aliy” pada kertas dan direndamkan dalam segelas air (tulisannya sebanyak 110 kali) kemudian airnya diminumkan kepada anak kecil. Insya Allah, dia akan menjadi anak yang ceria, proaktif, cerdas dan pandai.

Ketiga, seseorang yang mewiridkan zikir “Ya ‘Aliy” setiap hari serta menyimpan bersamanya kertas bertulis “Al-‘Aliy”, Insya Allah akan dinaikkan kedudukannya, diberikan pengaruh dan segala keinginannya yang halal akan ditunaikan. 

Keempat, seseorang yang mempunyai keyakinan yang lemah tetapi menyebut “Ya ‘Aliy” berulang-ulang, Insya Allah keyakinannya akan teguh dan kukuh.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.