18 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Tanda Orang Ikhlas dalam Beramal

...

  • INILAH.com
  • 07 November 2019 08:00 WIB

BERIKUT beberapa tanda keikhlasan dalam beramal:

1. Suka menyembunyikan amalan yang tidak perlu untuk ditampakkan. Allah Taala berfirman (artinya) "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS. Al Baqarah : 271)

2. Selalu menuduh diri kita dengan kekurangan. Tidak memuji dirinya sendiri apabila dia dapati kebaikan padanya. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa mendapatkan kebaikan hendaknya ia memuji Allah. Dan barangsiapa yang menjumpai selain itu, janganlah ia mencela kecuali kepada dirinya sendiri" (HR. Muslim)

3. Tidak menanti balasan dan ucapan terima kasih dari orang lain, karena yang diharapkannya hanya Wajah Allah Taala. "Sesungguhnya kami memberikan makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhoan Allah, kami tidak mengharapkan balasan darimu dan tidak pula ucapan terima kasih" (QS. Al Insan: 9)

4. Sikapnya sama saja ketika mendapat pujian atau celaan. Apabila dipuji tidak menambah kerajinannya dan jika dicela tidak mengendorkan dirinya dari beramal.[]Sumber:inilah

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.