01 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Inspirasi Seribu Bulan: Selalu Berhias

...

  • portalsatu.com
  • 19 May 2020 11:00 WIB

@publiceyemaritzburg.co.za
@publiceyemaritzburg.co.za

Oleh Taufik Sentana*

Berhias dan memantaskan diri sesuai yang ma'ruf merupakan fitrah diri. Termasuk juga membersihkan diri dalam kebiasaan sehari hari, ialah sesuatu yang Allah ilhamkan dalam diri kita, bahkan "membersihkan" diri ini juga ada pada sebagian banyak binatang, seperti burung, unggas, dan lain lain.

Apa yang kita temukan di dalam Ramadan ini adalah mekanisme Allah agar kita terbiasa dalam hal menghias diri, mematut diri dan selalu membersihkan diri. Maka diantara sebaik perhiasan manusia yang tampak pertama adalah pakaiannya, yang dengan oakaian itu dia menutup auratnya, memelihara tubuhhnya dan tampak lebih indah.

Hanya saja, pakain dan sebagainya itu bukanlah hiasan terbaik, kecuali bila ada ketakwaan di dalamnya. Rasa dan sikap takwa inilah yang kita biasakan dalam Ramadan lewat rangkaian amal-ibadah yang ketat sejak sahur hingga berbuka dan malamnya.

Bila aktivas Ramadan ini tuntas kita kerjakan dengan maksimal, termasuk mengerjakan amalan sunnah, membaca Alquran, bersedekah dan memberi makan orang miskin, maka sesungguhnya hendaklah ia juga menjadi amal ketaatan kita pada bulan selain Ramadan.

Semua upaya amal ini, sebagai.bentuk cara kita "menghias diri dan menjaga" diri kita agar tetap mulia di sisi Allah. Dan yang terpentimg dengan rangkaian amal itu kita juga semakin dekat dengan Rahmat Allah: " Dan RahmatNya memang dekat bagi mereka yang berbuat ihsan, berbuat baik dalam takaran ketakwaan secara personal dan sosial". Demikian petikan makna FirmanNya dalam Alquran.[]

*Ikatan Dai Indonesia Aceh Barat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.