23 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Jumat: Menghimpun Kesadaran Ummat

...

  • portalsatu.com
  • 08 February 2019 18:00 WIB

Oleh Taufik Sentana*

Puncak aktivitas jumat, tentunya dengan ada ketetapan shalat jumat yang difardhukan di dalamnya. Berdasarkan poin ini kita dapat menarik pengertian bahwa  kondisi umat Islam yang berkumpul di masjid menjadi gambaran kolektifitas religi dalam menautkan kesadaran dan kekuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Banyaknya keutamaan yang terkandung dalam hari jumat semakin membuat kita termotivasi untuk bersegera memperbanyak amal dan merefleksi diri. Adalah mekanisme yang Indah atas kewajiban shalat jumat bagi umat Islam, selain sebagai ritus ibadah khas, kewajiban ini kiranya menjadi penanda tentang kesatuan dan pembangun solidaritas yang efektif.

Maka wajar, saat seluruh hati umat terpaut di masjid, saat khutbah berlangsung, Nabi mencontohkan betapa ia saat berkhutbah saat berapi-api seakan sedang mengerahkan pasukan untuk berperang. 

Ini semakin menguatkan bahwa fardhu shalat jumat (yang hanya sah dengan berjamaah) menjadi media pembangun kesadaran umat tentang fungsi dan tanggung jawabnya secara pribadi atau kolektif, yang dirangkum dalam pesan taqwa 

Diantara kesadaran tersebut antara lain:Pertama, status kehambaan diri dan kesamaan hak dalam pandangan Islam. Kedua,  keyakinan/aqidah menjadi perekat yang lebih kuat dari sekadar hubungan darah. Sehingga solidaritas umat Islam mesti terwujud melalui prosesi ibadah jumat. Ketiga, ritus jumat merefleksikan bagaimana fitrah manusia yang condong untuk berjalan menuju Rabbnya, bersikap khusyuk dan tunduk serta berserah diri dalam tawakkal dan ikhlas.

Jadi, melalui mekanisme jumatan ini, sewajarnya dapat mengukur tingkat kolektifitas kesadaran masyarakat dalam mewujudkan misi pribadi dan sosialnya. Maka tentulah diperlukan juga Da'i/Khatib yang benar-benar memahamai bahasa kaum dan masalah umatnya: Tanpa ini, energi yang terhimpun tidak akan berdampak signifikan.[]

 

*Dari Ikatan Dai Indonesia, Kab. Aceh Barat

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.