02 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mutiara Kata Seorang Guru (1)

...

  • portalsatu.com
  • 29 January 2020 13:00 WIB

Walau aku dapat meraih beragam sertifikat tentang profesiku, tetap saja bahwa yang mengakuiku seutuhnya adalah bagaimana aku berinteraksi dengan para siswa dan perubahan apa yang dapat mereka rasakan.

Diantara pemberian terbaik seorang guru adalah seberapa banyak pengalaman autentik yang mendorong kemajuan siswa sebagai pribadi.

Banyak sekali pengetahuan yang tak relevan untuk dikuasai siswa pada kemudian harinya. Sehingga pengetahuan tadi hanya sebagai pengetahuan saja, itupun bila ia tidak lupa.

Sebagian besar orang pergi ke sekolah untuk keperluan profesi, melampaui setiap jenjang dengan maksud itu. Padahal tidak di setiap jenjang merangkum dasar pengetahuan untuk profesinya tadi.

Diantara kemampuan terbaik yang mutlak dikuasai siswa adalah perihal dasar keyakinan agamanya (Islam) yang murni dan upaya menyelaraskan diri dengan konteks penyembahan (ibadahnya) secara umum. 

Mungkin para siswa ini terlalu lama bersekolah formal, sehingga waktu habis untuk banyak hal yang segera dilupakan, atau tak relevan dengan konteks kehidupannya.[]


Taufik Sentana
Praktisi pendidikan Islam
Berkhidmat sejak 1996.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.