17 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puasa dan (Re-orientasi) Tujuan Hidup

...

  • portalsatu.com
  • 21 May 2019 08:00 WIB

Anak puasa. Ilustrasi. @Republika/ Prayogi
Anak puasa. Ilustrasi. @Republika/ Prayogi


Sebagaimana diketahui bahwa puasa merupakan ibadah wajib yang pernah diemban oleh umat terdahulu, yaitu umat yang didatangkan pada mereka rasul rasul Allah. Di samping itu, beberapa pendekatan pengobatan dan gaya hidup modern juga menjadikan puasa sebagai bentuk diet. Yang dengannya tercapailah maksud hidup", entah itu yang bersifat spirituil atau murni karena kepentingan fisik.


Bila kita kaitkan puasa dengan tujuan hidup, utama yang muslim, maka dapat kita ambil benang merahnya dari urgensi puasa sebagai medium taqarrub kepada Allah. Bahkan yang lebih utama adalah, karena puasa sebagai Rukun dalam kehidupan muslim. Sehingga melaksakan puasa merupakan bentuk ketaatan sebagai muslim yang telah beriman kepada Allah. 

Bentuk ketaatan itulah yang menjadi pilar khusus dalam menjalani dan mencapai tujuan hidup. Artinya, seorang muslim menjadikan ketaatan  sebagai amal keseharian baik dalam bentuk ibadah mahdhah, ghairu mahdhah atau sunnah.

Dengan puasa, seorang muslim dapat merealisasikan tujuan hidupnya lewat kesadaran akan pengawasan Allah,misalnya. Sehingga ia berhati hati dalam beramal, jujur dan berorientasi ke akhirat (balasan Allah). Maka sangat indah ketika Allah menjadikan Taqwa sebagai tujuan berpuasa, sebagaimana Allah juga menyandingkan kata "agar kamu bersyukur"( pada ayat lain tentang akhir prosesi puasa Ramadan).

Sehingga makin tampak bahwa puasa berimplikasi pada perbaikan orientasi kehidupan seorang muslim, untuk bisa terus bersikap taat dan lurus (hanif), tidak terbius materialisme , serta bersyukur dengan  memelihara kontinyuitas amal. Hingga efek puasa itupun  bisa memudahkan si individu muslim untuk merasakan alam malakut (bersifat" malaikat) yaitu dengan terpeliharanya seluruh unsur hati, jiwa dan aktivitas kita dari larangan dan kesia-siaan.[]

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Aceh Barat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.