09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Qurban Siapa yang Terbaik?

...

  • portalsatu.com
  • 27 July 2020 18:40 WIB

@Shutterstock.com
@Shutterstock.com

 


_Qurban terbaik itu , setiap TETES DARAHNYA saat disembelih akan menjadi MALAIKAT yang bertasbih dan memohon ampun bagi si pequrban. Karena setiap darahnya telah menjadi hasanah (kebaikan)dan kebaikan adalah bagian dari cahaya Allah, dari cahaya itu MALAIKAT diciptakanNya___

Oleh: Taufik Sentana*

Tak lama lagi kita akan sampai pada puncak haji, yaitu Arafah. Setelah itu, di sepuluh Zulhijjah hingga tiga hari selepasnya kita dianjurkan berqurban, disunnahkan menyembelih hewan qurban dalam rangka taqarrub ilallah.

Sebagian besar saudara muslim kita tidak bisa behaji tahun ini. Pandemi Covid 19 telah memengaruhi seluruh peta kebijaksanaan dan memaksa kita menerapkan fiqih prioritas, dengan mementingkan protokol kesehatan dan keselamatan.

Namun, keutamaan bulan haji takkan hilang. Dan sunnah berqurban masih bisa kita terapkan dalam fase normal baru ini, dengan beberapa penyesuaian di sebagian daerah.

Sesungguhnya seluruh ritual haji, benar benar menggambarkan tapak tilas nabi Ibrahim AS dalam menyiarkan agama Allah (Islam). Sekaligus, ini sebagai penanda (keterhubungan asli) ajaran nabi Muhammad SAW dengan ajaran nabi Ibrahim AS. Dan semakin meyakinkan kita bahwa nabi Muhammad SAW tidaklah membawa ajaran baru yang menyebelahi risalah nabi sebelumnya. Lalu kitapun bersyukur lahir   dan menjadi muslim.

Adapun qurban adalah ritual nabi Ibrahim (sesuai wahyu) yang terkait pula dengan qurbannya Qabil dan Habil anak Nabi Adam AS. Saat keduanya diminta untuk berqurban, dan Allah memilih qurban  Habil, lalu menyebabkan kecemburuan pada qabil, yang mendorongnya mengikuti hawa nafsu hingga akhirnya menyesal dan merugi.

Kenapa qurban Habil menjadi terbaik? karena ia didasari dari niat murni yang tulus untuk taqarrub (bertaat) kepada Allah. Qurban, seakar dengan kata Qarib, Taqarrub. Qurban menjadi medium "cahaya" yang menghubungkan ketaatan seorang hamba pada Tuhannya (Rabbul Alamin). 

Demikian juga dengan qurbannya umat Nabi Muhammad SAW, qurban terbaik itu , setiap TETES DARAHNYA saat disembelih akan menjadi MALAIKAT yang bertasbih dan memohon ampun bagi si pequrban. Karena setiap darahnya telah menjadi hasanah (kebaikan)dan kebaikan adalah bagian dari cahaya Allah, dari cahaya itu MALAIKAT diciptakan kemudian. Sedangkan setiap helai bulu hewan tadi menjadi 10 kebaikan atau lebih lagi. Bayangkanlah berapa banyak keutamaan bagi si pequrban, bahkan hanya dari bulunya saja!

Bersyukur dan bergembiralah mereka yang bisa berqurban tahun ini. Jagalah kebersihan hati, ketaatan dan adab adabnya. Sikap berqurban itupun mesti tertunai dalam keseharian lewat sikap lembut, kecintaan dan murah hati.[]

*Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.