26 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Rahasia agar Doa Cepat Dikabulkan Allah

...

  • VIVA
  • 24 June 2020 19:20 WIB

@shutterstock
@shutterstock

Setiap orang pasti berharap agar doa dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan segera. Agar doa cepat terkabul, tentu ada syarat dan kriterianya.

Hendaknya kita harus sabar ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala belum mengabulkan doa kita dengan segera, sebab Allah pasti lebih tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa membuat doa mudah dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Inilah rahasia agar doa cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Agar Doa Dikabulkan, Kamu Harus Yakin

Banyak orang yang setelah berdoa lalu mereka berkata, “yang penting saya sudah berdoa, dikabulkan atau tidak, itu terserah pada Allah”.

Padahal, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sendiri menganjurkan kita agar kita yakin bahwa doa yang kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala itu pasti akan dikabulkan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” [HR. Tirmidzi no. 3479]
Tidak Memakan Makanan yang Haram

Salah satu cara agar doa cepat terkabul adalah jangan pernah memakan makanan dan minuman yang haram atau yang diperoleh dengan cara yang haram.

Sebab, makanan dan minuman yang haram bisa menjadi salah satu penghalang untuk dikabulkannya sebuah doa. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” [QS. Al Mu’minun ayat 51]
Tidak Melakukan Maksiat, Salah Satu Syarat Agar Doa Dikabulkan

Salah satu cara agar doa dikabulkan adalah dengan tidak melakukan maksiat. Sebab, perbuatan maksiat dan dosa adalah hal yang menjadi halangan untuk doa dikabulkan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” [QS. Al A’raf ayat 55]

Para ulama berpendapat bahwa orang-orang yang melampaui batas itu ialah orang yang melakukan maksiat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bergelimang dosa.
Tidak Melakukan Hal-Hal Berbau Syirik

Dalam berdoa, percayalah bahwa hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala saja yang dapat mengabulkan doa. Jangan pernah melakukan hal-hal yang bisa menjerumuskan kedalam perbuatan syirik.

Misalkan ketika kamu memohon kepada Allah agar diberikan kesehatan, namun di sisi lain kamu percaya bahwa ada jimat atau dukun yang bisa memberikan kesehatan dan keselamatan, hal seperti itu sudah termasuk dalam perbuatan syirik.

Adapun kriteria-kriteria doa yang dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, yaitu:

    Doa yang dipanjatkan tidak bertujuan untuk memutus tali silaturahim.
    Doa yang dipanjatkan harus mengandung kebaikan bagi dirinya, maupun orang lain.
    Tidak tergesa-gesa dalam berdoa.
    Mengawali doa dengan memohon ampun kepada Allah dan memuji-Nya.
    Bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebelum berdoa.
    Akhiri doa dengan mengucapkan “Aamiin”.

Dengan melakukan hal-hal diatas, insyaAllah doa yang dipanjatkan akan cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.[]sumber:viva/virenial.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.