14 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Reorientasi Mimbar Jumat

...

  • portalsatu.com
  • 18 October 2019 09:00 WIB

Masjid Mary Mother of Jesus. @Beno Saradzic
Masjid Mary Mother of Jesus. @Beno Saradzic

Dalam riwayat yang sahih disebutkan bahwa Nabi kita Muhammad SAW saat berada di atas mimbar dan menyampaikan khutbah seakan sedang memberikan komando kepada seluruh pasukannya. Bahkan tampak pula bagaimana pandangan matanya yang bergelora dan penuh semangat. 

Mimbar jumat menjadi forum yang baik dan efektif dalam menyampaikan pesan dan prinsip umum tentang perihal ummat, kondisi, tantangan dan harapan yang mesti direngkuh. Ini tidak mesti dengan menjelekkan kaum lain atau menghujat tanpa arah. Sejatinya forum jumat dan mimbarnya hanya berorientasikan pada hal yang pokok dan umum atau mashlahah ammah. Juga lebih baik bila mimbar jumat juga tidak menjadi "ruang ikhtilaf", karena waktunya sangat singkat untuk menguraikan satu hal dari berbagai petspektif, maka mimbar jumat mesti terukur pada poin poin yang jama' difahami serta menghubungkan kontekstual keummatan dalam satu pekan  ini.

Potensi umat Islam yang terhimpun dalam forum dan mimbar jumat mestinya menjadi medium yang paling alami untuk menyalakan semangat ukhuwah, perbaikan dan pembentukan masyarakat madani. Dengan catatan bahwa para penyampai atau da'i yang mengisi mimbar tersebut dalam kerangka khutbah juga menghayati bagaimana kondisi umat terkini,  disamping juga memberikan bimbingan tekniks perihal kewajiban muslim sehari-hari, dari thaharah dan shalat misalnya.

Para dai yang menyampaikan khutbah juga mesti mengembangkan materi yang beragam agar menyentuh seluruh aspek kehidupan muslim. Walau umumnya beberapa masjid utama telah memiliki jadwal tema tersendiri, tapi mesti juga disesuaikan dengan perkembangan terkini. Misal, tentang pengrusakan hutan sehingga menimbulkan kebakaran hebat atau banjir besar, atau dampak sosial media terhadap pergeseran nilai di tengah kawula muda.

Demikian sedikit catatan tentang bagaimana agar mimbar jumat yang ritus menjadi pembangun energi baru bagi perbaikan umat secara bertahap.[]

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia.Kab.Aceh Barat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.