10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Saat Seorang Anak tak Bangga pada Ayahnya....

...

  • portalsatu.com
  • 17 February 2020 09:00 WIB

Anak-anak bermain. @Getty Images
Anak-anak bermain. @Getty Images

Kita tahu bahwa diantara peran utama ayah adalah menopang ketahanan keluarga secara finansial. Diantaranya tentu dengan sabar pada ritme karir, kerja keras, politik kantor dan tekanan pekerjaan. Kesemuanya dilakukan, untuk mengangkat harkat keluarganya dan tentu, menjadi ayah yang dibanggakan anaknya.

Namun apa yang dapat kita bayangkan sebagai seorang ayah (juga ibu), bilamana dari penjajagan konseling guru, ditemukan fakta bahwa si anak tidak membanggakan ayahnya. Ia tidak memandang sama sekali capaian finansial dan kemapanan ayahnya. Bahkan ia seakan tak memilki hubungan batin dengan ayahnya.

Bagi seorang ayah, yang citranya sebagai pejuang yang layak dibanggakan, pasti terhenyak saat mengetahui fakta temuan guru atas persepsi anak terhadap dirinya. Tentu sang ayah akan SANGAT sedih, bahkan terurai air mata ketika tahu akan laporan guru anaknya tadi.

Sehingga diperlukan tingkat kearifan yang tinggi dari seorang guru (terutama dalam pola asrama) untuk kemudian menjembatani hubungan ayah-anak tadi yang tersekat oleh kesibukan dan pekerjaan. 

Si anak mesti mendapatkan waktu khusus dari ayahnya pada waktu tertentu untuk menjadi pribadi yang utuh. Yang miris adalah, ada respon ayah yang bahkan tidak tahu apa yang akan dilakukan saat bersama anaknya. "Bapak bisa ajak dia mancing, duduk di kolam dekat masjid, atau makan bersama, mandi di kolam dan saling cerita yang ringan ringan", demikian sambut gurunya mengarahkan.

Demikian seterusnya, hubungan ayah-anak tadi terus dikembangkan dan dievaluasi. Hasilnya, si anak mulai merasa dihargai, disayangi dan memengaruhi sikap sehari harinya bersama kawan dan guru lainnya.


Pelajaran untuk kita adalah, acap sekali apa yang kita anggap keberhasilan dan capaian terbaik dari segi status, bisa jadi tak ada nilainya sama sekali di mata anak, sehingga kita perlu membangun kedekatan yang murni terhadap anak kita dengan memanfaatkan beragam kegiatan dalam waktu waktu yang khusus.[]

Taufik Sentana
Praktisi pendidikan Islam

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.