12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sertifikat Ramadan

...

  • portalsatu.com
  • 24 May 2020 08:02 WIB

Oleh Taufik Sentana*

Lewat untaian gema takbir, kita pun bersyukur dan bergembira serta merayakan makna kemenangan ,setelah satu bulan melatih diri untuk mencapai kesucian.

Semakna dengan itu, di bulan yang indah ini, Syawal datang dengan makna kata "peningkatan": inilah kelanjutan perjalanan kita sejak awal Ramadan lalu.

Setidaknya, Ramadan yang kita lewati dengan serangkaian ibadah yang penuh kehatian, memberi kita pengalaman dan simulasi dalam membentuk karakter ibadurrahman.

Ada tiga penanda kelayakan kita untuk memperoleh sertifikat Ramadan.
Pertama, Fitrah Diri. Yaitu sikap dan usaha kita untuk terus condong pada kebaikan sebagaimana yang kita lakukan sepanjang Ramadan. Rasa condong itu semakna dengan ajaran Islam yang sesuai dengan tabiat alam dan kemanusiaan kita. Hal ini didapat dengan sikap istiqamah dan rasa harap yang tinggi akan Rahnat Allah.

Kedua,  Takwa yang berbuah ihsan. Yaitu kemampuan diri kita untuk tetap menjaga ketaatan (laallakum tattaqun) dan terus memaksimalkannya dalam amal tambahan, dengan sikap wara', qanaah dan menjaga tanggung jawab sosial.

Ketiga, Furqan yang terinstal.  Dalam salah satu ayat Al Anfal, disebutkan bahwa jaminan bagi  yang beriman dan menjaga ketakwaannya adalah mendapatkan furqan dari Allah. 

Yaitu kemampuan automatis, cahaya yang dilimpahkan hingga seorang mukmin tetap dalam kebenaran dan mendapatkan bimbingan Allah dalam keadaan apapun. 

Dengan sikap ini mereka pun dinisbahkan dalam hamba Allah yang khusus (ibadurrahman), tertera dalam Surat Al Furqan ayat 63-75. Mereka bahkan mendapatkan ucapan  selamat dari para malaikat dan Allah SWT.

Demikian tiga saripati Ramadan yang dengannya kita layak mendapat "sertifikat" kemenangan di tahun ini : Fi kulli  'am wa antum bi khairin. Insyaa Allah.[]

*Ikatan Dai Indonesia.Kab Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.