21 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sifat Seorang Pembelajar

...

  • portalsatu.com
  • 16 August 2019 12:30 WIB

Salat. Ilustrasi. @shutterstock
Salat. Ilustrasi. @shutterstock

Manusia adalah makhluk yang spesial. Diantaranya karena kemampuan belajar dan mengeksplor lingkungan/sumber daya. Walaupun demikian, dalam sisi kehidupannya, setiap manusia terkondisi dalam struktur sosial, kebiasaan dan pola bakatnya. Dari sini terbentuk wataknya kemudian, sebagai pembelajar( secara sadar) ataupun tidak.

Secara umum, sifat pembelajar itu memang inklud dalam fitrawi manusia saat lahir (bahkan sebelum lahir), artinya bahwa Allah Yang Maha Rahman telah mengondisikan diri manusia dengan kemampuan belajar. Pada poin ini yang paling sigfikan dalam peradaban adalah "belajar berkomunikasi", Allah Menyebut dalam Alquran " Allamahul Bayan"( yang telah Mengajarkan kepada manusia kemampuan berkomunikasi).

Artinya, secara asali selayaknya setiap kita dapat berkembang dengan terus menjadi pembelajar secara sadar. Yaitu dengan memanfaatkan dan mendaya-gunakan setiap sumber daya yang relevan untuk kebaikan hidup dunia ataupun akhirat: Mengeksplorasi setiap gejala, peristiwa dan pengalaman menjadi bahan belajar bagi perbaikan diri dan lingkungan.

Jadi untuk menjadi seorang pembelajar , sifat utama yang dimiliki selain rasa ingin tahu, adalah kesiapan diri untuk selalu bersedia dan tanggap terhadap apa yang terjadi dalam diri sendiri ataupun dalam lingkungan luas (juga peristiwa semesta) sehingga menerbitkan gagasan, lompatan dan pendekatan baru dalam menjalani hidup.[]

Taufik Sentana
Praktisi Pendidikan Islam
Bergiat di Bid.Pengembangan SDM dan Komunitas. Inisiator Back To Book Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.