28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tentang Shalatnya Orang yang Koma, Ini Jawaban Ust. Abd. Somad

...

  • portalsatu.com
  • 13 October 2020 08:03 WIB

 

Jawaban ini disampaikan Ust. Abd. Somad (UAS) atas pertanyaan seorang jamaah emak-emak di Bukit Tinggi, Masjid Pasar Atas, selasa, 12 Okt 2020 dalam kanal resmi beliau.

Emak tersebut bertanya: Apakah orang yang sedang koma mesti tetap shalat, dan apakah shalatnya bisa digantikan oleh anaknya/keluarganya?

Ust. Abd. Somad mengutip hadis tentang rufial qalam an tsalasin, bahwa tiga yang terbebas dari beban taklif, yaitu seorang anak sehingga ia baligh, seorang yang tidur sehingga ia bangun dan seorang yang kehilangan akalnya. Menurut UAS, yang dimaksud emak penanya tadi adalah sama dengan orang yang  tidak berakal, tidak sadar, sehingga tidak dibebankan baginya shalat, sampai ia tersadar. Dan keluarganyapun tidak wajib mengganti shalatnya, yang boleh diganti, diantaranya utang puasa. Shalat tidak bisa digantikan.

 Tapi kalau si anak mau menghadiahkan shalat untuk si ayahnya yang sedang koma tadi, maka pahalanya sampai. Tapi tidak ada kewajiban untuk menggantikannya. Jelas UAS singkat.

Selanjutnya UAS berpesan bahwa orang yang sedang koma ini hendaknya selalu didampingi: perdengarkan zikir, bacaan Qur'an. Sebab, menurut pengalamannya, ada seorang yang koma lalu dibacakan ayat Qur'an oleh UAS, sehingga menetes air mata (haru dan bahagia) dari si sakit tadi. Hal ini dikarenakan seorang yang koma masih aktif alat dengarnya yang di dalam telinga, maka air mata itu sebagai bentuk respon dari si sakit.

Demikian tambah UAS, sambil menyampaikan betapa ia  semakin yakin akan hadis Nabi SAW tentang mentalqinkan orang yang sedang sekarat, karena alat dengarnya masih berfungsi. 
"Sehingga sangat penting orang yang sedang koma itu mesti didampingi selalu. Jangan sampai pihak keluarga hanya sibuk photo photo dan ketawa ketiwi sehingga tidak menambah kebaikan bagi si yang koma," tutup UAS.[]


Kiriman Taufik Sentana
Peminat literasi dakwah digital.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.