18 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tiga Permintaan Terbaik

...

  • portalsatu.com
  • 11 June 2019 12:00 WIB

@Shutterstock
@Shutterstock

Dalam hadis yang sahih, disebutkan bahwa ada amalan doa yang sangat baik dibaca selepas shalat. Bahkan baik juga dibaca sebelum salam di tahiyat akhir. Permohonan tersebut berkenaan tentang meminta kekuatan/bantuan dari Allah untuk mengingatNya, bersyukur dan beribadah dengan ihsan (Allahumma Ainni ala zikrika wa syukrika wa husni ibadatika).

Tiga permohonan di atas seakan merangkum semua fungsi utama hidup kita. Pentingnya zikir yang dimaksud  adalah sebagai penyelaras dan penyeimbang hidup kita. Sebab pada hadis lain disebutkan bahwa, zikir membedakan antara yang hidup dan yang mati. Kita bisa berzikir secara lisan (dan tindakan) dalam keadaan duduk, berdiri dan berbaring.

Sedangkan syukur merupakan aplikasi kesadaran murni kita tentang posisi diri kita di hadapan Allah, (FirmanNya: sebelumnya engkau tidak tahu sesuatu apapun). Bahkan di dalam syukur tadi telah memenuhi semua kebaikan yang  Allah janjikan. Ringkasnya, rasa syukur menjadikan kita lebih menghargai semua hal yang melingkupi kita dan memandangnya dalam kaca mata kasih sayang dan ridha.

Adapun ihsan dalam beribadah (yang makhdah khususnya) merupakan sikap menjaga kualitas dan kuantitas amal dengan penuh harap. Disamping itu muncul pula rasa sadar bahwa kita selalu dalam pengawasan Allah. Sehingga semakin baiklah hubungan kita kepadaNya. Ketika tiga sikap tadi dapat kita terapkan, tentu kiranya akan menjadi kunci bagi sikap ketakwaan kita sehari-hari.[]

Penulis: Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.