28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tips Anti Takabbur

...

  • portalsatu.com
  • 16 October 2020 08:00 WIB

Oleh: Taufik Sentana*

Dalam catatan Bidayah Hidayah Imam Alghazali, Takabbur menjadi bagian perkara yang membinasakan amal. Sikap ini tidak hanya potensial bagi  tokoh publik dan orang alim, namun seorang yang bodohpun dapat bersikap takabbur. Disebutkan dalam riwayat Baginda bahwa sebiji sawi dari sikap takabbur dapat mengunci rapat pintu surga. Betapa bahaya sikap ini, sehingga kita mesti berlatih selalu agar sikap yang muncul adalah rasa tawadhu'.

Diantara ajaran dan wasiat yang disampaikan para guru kita untuk meredam sikap takabbur adalaah dengan beberapa hal berikut:
1. Bergaul dengan orang lemah, dekat dengan mereka dan menghargai pemberian mereka walaupun itu tampak hanya pemberian yang murah harganya. Nabi SAW pernah memakan buahan yang asam dan pahit di depan si pemberi, tanpa menunjukkan ketidaksukaan. Ia juga pernah menikmati bubur murahan dari Badui di pedalaman, yang menurut sahabat, bubur itu tidak pantas untuk Nabi. Beliau juga pernah mencium tangan kasar seorang pekerja harian, inilah tangan yang dicintai Allah, katanya.

2. Setiap engkau memandang saudaramu/orang lain, selalulah menganggapnya lebih baik darimu. Walau ia hanya seorang anak kecil atau seorang yang telah tua renta. 

3. Hadirilah selalu majelis ilmu, itu dapat melunakkan hati dan mengikis rasa sok tahu dalam diri.

4. Kerjakanlah pekerjaan sukarela secara sembunyi, membersihkan toilet mushalla atau kegiatan sosial lainnya yang tampaknya kasar dan rendahan.

5. Bantulah pekerjaan istri di rumah, pergilah ke pasar dan bawalah belanjaan anda sendiri. Jahitlah pakaian anda yang robek.

6. Doakanlah selalu sesama muslim dan manusia lainnya agar selalu mendapat Rahmat Allah.

Semoga beberapa petikan di atas dapat memperbarui sikap tawadhuk kita dan terhindar dari sikap takabbur.[]

*Ikatan Dai Indonesia. Aceh Barat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.