26 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Walau Sesaat, Berbahagialah!

...

  • portalsatu.com
  • 27 September 2020 22:20 WIB

 

Oleh: Taufik Sentana

Mungkin level kita belum sampai pada bahagia yang konstan. Dan tentu berat. Namun kita bisa mencoba bahagia untuk sesaat, sebentar saja: Untuk satu momen, untuk satu alasan yang layak kita rayakan. Tentu kesemua sumber bahagia tadi tidak mesti materiil dan mahal.

Kita telah ditakdirkan dengan fitrah kesenangan dan kegembiraan. Menjadi seorang muslim saja bisa memantik bahagia yang sempurna, seperti berada dalam rumah cahaya yang benderang dan indah. Namun kita telah mengabaikan banyak hal, disebab persepsi dan pengetahuan kita sendiri. Sehingga momen bahagia itu, saat bahagia itu penuh sarat dan ketat.

Lalu kitapun tak bisa bahagia lagi saat dapat bangun dari tidur, menikmati awal hari sambil meresapi asyiknya sarapan pagi, walau dengan sepotong roti dan segelas air putih.

Kita tak melihat makna lagi di balik tawa anak anak atau "kicauan" sang istri. Bahkan rumah, kendaraan, udara, rasa aman dan kesehatan tubuh tak merangsang bahagia kita. 
Padahal semua kesenangan dan kegembiraan yang mendorong bahagia telah Disediakan Allah secara tunai dan gratis: Lihatlah awan yang berarak, deburan ombak,desir angin, dedaunan dan pegunungan serta hal lain yang sering kita abaikan.

Kini marilah kita menghadirkan bahagia itu, walau sesaat. Lalu terus melatihnya untuk saat yang lain. Secara perlahan, dan waktu kitapun berisi padat dengan kebahagiaan. Betapa ruginya kita beriman pada Tuhan yang Maha Kaya, tapi kita tidak dapat merasa bahagia dan menikmati setiap PemberianNya dengan rela dan syukur.

Dalam menyiasati bahagia ini, kita hanya perlu mengingat satu hal: kita bergembira dan merasa bahagia HANYA dengan kebaikan BUKAN dengan maksiat. Selebihnya kita melakukan apa saja sesuai batasan lazim sambil menghayati makna dari setiap peristiwa.

Bila disana ada sebagian orang yang merasa" bahagia dengan kemaksiatan dan dosa, kenapa kita tidak bisa bahagia dengan segala hal baik yang terhampar di hadapan kita? 
Mari, berbahagialah!, Walau sesaat.[]


Dalam catatan "Bahagia setiap Saat"

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.