18 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Zikir Asy-Syakur Obat Ampuh Hilangkan Kesukaran

...

  • Helmi Abu Bakar El-Langkawi
  • 12 February 2018 17:40 WIB

Asmaul Husna selanjutnya di urutan ke-35 adalah asy-Syakur. Zikir ini artinya Allah yang Maha Mensyukuri (yang berterima kasih). Sebagai bukti bahwa Allah bersifat asy-Syakur adalah Allah selalu memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Bahkan Allah melipatgandakan pahalanya. Orang yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah, maka Allah akan membalasnya dengan menambah nikmat kepada orang tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita harus meneladani sifat tersebut. Kita harus berterima kasih kepada orang yang berbuat baik kepada kita. Jika kita ditolong atau diberi sesuatu oleh orang lain maka ucapkanlah terima kasih. Lebih baik lagi jika disertai dengan doa dengan mengucap jazakallahu khairan kasiran yang artinya semoga Allah membalas kebaikanmu.

Orang-orang yang tidak mau berterima kasih kepada orang lain sama dengan ia tidak bersyukur kepada Allah Swt. Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad saw. : “ Barang siapa yang tidak berterimakasih kepada manusia berarti tidak bersyukur kepada Allah” (HR. Ahmad dari Abu Hurairah). Pembahasan zikir ini juga disebutkan dalam al-Quran berbunyi:  “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? dan Allah adalahMaha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui”. (An-Nisaa’ [4]: 147).

Ungkapan asy-Syakur dan juga ada disebut asy-Syakir adalah Rabb yang tidak menyia-nyiakan amalan orang yang beramal yang ada di sisi-Nya. Bahkan Dia melipatgandakan pahala tanpa perhitungan, yang menerima sedikit pun dari amalan lalu membalasnya dengan pahala dan pemberian yang banyak lagi lapang, yang melipatgandakan bagi orang-orang yang ikhlas amalan-amalan mereka tanpa batas, dan Dia mensyukuri orang-orang yang bersyukur dan mengingat-ingat orang-orang yang berzikir.

Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada-Nya sejengkal, maka Dia akan mendekat kepadanya sehasta dan barang siapa yang mendekat kepada-Nya sehasta, maka Dia akan mendekat kepada orang itu sedepa. Barangsiapa yang datang kepada-Nya dengan membawa kebaikan, maka Dia akan menambahkan pada kebaikan tersebut kebaikan pula dan Dia akan berikan kepadanya pahala yang agung dari sisi-Nya

Kelebihan dan Keutamaan Asy-Syakur (Ya Syakur)

Pertama, seseorang yang berzikir ‘Ya Syakur’  sebanyak 40 kali selepas salat hajat, sebagai ucapan terima kasih kepada Allah. Insya Allah semua hajat yang penting dan terdesak akan dimakbulkan Allah Swt.

Kedua, seseorang yang mewiridkan ‘Ya Syakur’ sebanyak 41 kali setiap hari, insya Allah akan hilang segala jenis kesukarannya baik secara lahir maupun batin.

Ketiga, seseorang terasa hatinya berat dan kemudian menyebut ‘Ya Syakur’ 41 kali, diikuti dengan ditiupkan ke dalam gelas berisi air dan membasuh mukanya, Insya Allah hatinya akan menjadi lapang dan lega.

Keempat, seseorang apabila menuliskan ‘asy-Syakur’ sebanyak 40 kali dan dilakukan oleh orang yang sesak nafas, penat badan atau penyakit mata, dan dilarutkannya dengan air zam-zam kemudian disapukan air tersebut kepada badannya atau matanya dan diminumkan, insya Allah akan mendapat berkatnya.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.