24 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Agar Tidak Gagal Total

...

  • portalsatu.com
  • 14 March 2019 13:00 WIB


Oleh Taufik Sentana


Keberhasilan dan kebahagiaan telah menjadi term yang umum dalam pencapaian manusia. Sebagian pakar membedakan antara berhasil dan sukses, antara berhasil dan bahagia atau antara sukses dan kebahagiaan.

Untuk memaknai berhasil dan bahagia tentu kata gagal mesti menjadi tolak ukur. Pada dasarnya, negasi yang dimunculkan dalam kata gagal tidak sepenuhnya menghambat pencapaian individu, selama ia bisa melawati fase gagal tadi. Ya, melewati dengan melampaui harapannya dan melawati dengan penerimaan yang positif tentang kondisi gagal yang dimaksudkan.

Tentu banyak sekali fase gagal yang dilewati seseorang, sebanyak interaksinya terhadap pengalaman hidup, sebanyak harapannya terhadap keberhasilan dan kebahagiaan. Seorang siswa misalnya, bisa saja gagal dalam satu pelajaran tertentu, lalu memahaminya dan meningkatkan kemampuan untuk memperbaiki kegagalannya. Atau ia berkompensasi dengan kegagalan tersebut lewat penguasaannya di aspek belajar yang lainnya. Ada siswa yang sedari sekolah dasar hingga menengah atas tidak berhasil dalam bahasa inggris, akhirnya berkuliah di jurusan bahasa Inggris dan dengan kematangan sikapnya ia dapat menjadi guru bahasa Inggris di kemudian hari, bahkan menjadi guru di kampus (menjadi dosen).

Demikian pula kiranya dalam lin, aspek dan skala kehidupan kita yang lainnya, yang kita hadapi sepanjang waktu, semuanya berpotensi gagal dan akan terus gagal selama kita tidak melampauinya, meresponnya dan mengembangkan aspek keberhasilan di bidang lain. Atau bahkan gagal total manakala kita abai dalam memaknai kembali arti fungsi kediriaan kita dalam hidup ini. 

Seseorang bisa saja gagal dalam satu aspek atau beberapa aspek dalam hidupnya, finansial, karir dsb, tapi ia bisa memantapkan dirinya untuk memperbaiki hal tersebut atau fokus pada aspek yang dominan ia kuasai. Paling minimal ia masih berharap akan Rahmat Allah dengan terus mengerjakan kesalihan dan memilih jalan untuk terus tumbuh, berkembang dan memperbaiki diri guna mencapai tujuan dunia dan tujuan akhiratnya yang abadi, sembari  memastikan ia tidak gagal sampai kesana. Aamiin. Semoga kita dalam RahmatNya selalu.

*Bergiat di Pendidikan Islam dan Pengembangan SDM dengan program seminar, pelatihan, kursus dan ceramah. Kunjungi Linkedin.com untuk layanan lanjutan.

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.