05 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bagaimana Keluarga Kita?

...

  • portalsatu.com
  • 07 April 2020 11:00 WIB

@SHUTTERSTOCK
@SHUTTERSTOCK

Keluarga adalah entitas formal yang dilembagakan oleh negara lewat ikatan pernikahan. Ia menjadi unit terkecil dari sistem sosial kita. Keluarga menjadi awal dan akhir dalam menyangga kemajuan bangsa.

Dalam kaitan dengan nilai nilai utama yang pikul keluarga, Alquran menggambarkannya dengan keluarga Imran, Keluarga Nuh AS atau Keluarga Ibrahim AS dan keluarga Firaun.

Gambaran di atas menunjukkan sendi keluarga yang baik atau tidak. Keluarga yang baik setidaknya adanya upaya selayaknya nabi Nuh (bukan keluarga Firaun) dalam upaya mendidik keluarga dan lingkungan sosialnya. Sesungguhnya Allah hanya menilai upaya itu, sedangkan petunjuk (kebaikan hidup) adalah wewenangNya.

Kita berharap bisa sampai pada kondisi keluarga ideal, selayaknya Keluarga Ibrahim AS atau Imran dan Keluarga Baginda Muhammad SAW. Keluarga tipe ini pula yang kelak bakal saling berjumpa pula di surga Allah.

Untuk itu kita mesti selalu menimbang prinsip ketahanan dan kelanjutan nilai dalam keluarga kita. Hal itu berdasarkan pada nilai tertinggi kita seperti akidah, ketataan dan internalisasi nilai kebaikan Islam. Hingga akhirnya melebar pada skala perbaikan sosial.[]

*Taufik sentana, Praktisi Pendidikan Islam

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.