19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bau Mulut yang Berpuasapun Mendapat Perhatian dari Allah

...

  • portalsatu.com
  • 09 May 2019 15:00 WIB

Taufik Sentana

Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat

Dalam Riwayat Hadis disebutkan ada lima keistimewaan seorang muslim yang berpuasa Ramadan. Pertama, bau mulut karena berpuasa lebih baik dari wanginya kesturi. Ini menandakan betapa berharganya setiap efek yang dimunculkan oleh puasa. Sampai sampai, bau mulutnya pun mendapat perhatian di sisi Allah, ini tentu karena Allah Memiliki nama yang baik "Assyakuur": Maha Menghargai. Apalagi bila ia dapat menjaga lisannya agar tetap basah dengan zikir dan ucapan yang baik.

Kedua, Surga diperintahkan untuk berhias bagi yang berpuasa. Pada riwayat lain, surga merasa rindu dengan orang yang berpuasa. Bahkan disebutkan bahwa puasa menjadi jalan bagi seorang hamba untuk bisa berjumpa (melihat) Rabbnya di surga kelak.

Ketiga, pada malam harinya ia akan mendapatkan pengampunan dari Allah, selayaknya seorang pekerja yang mendapat upah dari majikan atas kerjanya pada hari itu.

Keempat, Makhluk Allah yang di lautpun akan mendoakan bagi orang yang berpuasa. Terutama ikan ikan yang ada di dalamnya. Ini mengisayaratkan bahwa sifat puasa seorang muslim itu akan "terkoneksi" ke makhluk Allah lainnya, sehingga memunculkan ikatan tertentu yang penuh hikmah.

Kelima, dengan sikap puasa yang sempurna maka akan membelenggu para setan (jenis jin dan manusia), sehingga mereka tidak bisa berbuat sebagaimana hari hari di luar Ramadhan. Maka diharapkan akan semakin baiklah tatanan sosial dan komunitas kita  dari hasil  ibadah puasa yang diwajibkan bagi kaum muslim beriman.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.