11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Berhentilah Menyampaikan Hal-Hal Bombastis Pak Nova

...

  • MUDIN PASE
  • 17 May 2020 18:02 WIB

Groundbreaking pusat logistik Trans Continen di KIA Ladong @google
Groundbreaking pusat logistik Trans Continen di KIA Ladong @google

Saya kasihan dengan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Berharap beliau berhenti menyampaikan hal-hal bombastis yang menjadi humbalang kritik pada beliau. Sebagai politisi beliau telah gagal menunjukkan kapabilitasnya.

Banyak sekali penyampaian beliau yang tidak pernah jadi tindakan. Ingat janji bekerja sama dengan baik dengan DPRA di awal menjadi Plt. Nyatanya? Pengesahan APBA 2020 sebelum dewan lama demisioner, dewan baru dikadali. Nyatanya setelah ganti dewan, dua-dua dewan kena "prank"

Diawal Pak Nova jadi Plt juga ada gembar gembor ambil blok Migas Pase. Bekas konsensi EMOI yang berakhir 2018 lalu. Apakah sudah terjadi? Setahu saya sekarang di tangan Pertamina Hulu Energi (PT PHE)

Kemudian janji reformasi Bank Aceh dalam dua minggu, sudah hampir setahun tak jelas. Janji membantu Persiraja sama saja. Soal bantuan pandemic coronavirus disease 2019 (Covid-19) untuk warga Aceh di Malaysia, serta bantuan untuk mahasiswa Aceh di perantauan sampai kini juga tak jelas. Dan banyak janji lain yang hilang dibawa angin buritan.

Dan kemarin Aceh digemparkan, dengan dongkol Trans Continent hengkang di KIA. Kenapa? Ternyata infrastruktur paling dasar tak ada. Masak kawasan industri listrik tak memadai, air bersih tidak tersedia, pagar minimal, jalan tak mulus, drainase unfinishing.

Masalahnya apa? Bayangkan manajemen PEMA, manajemen KIA terdiri mantan pensiun pejabat Aceh. Umurnya rata rata diatas 70 tahun. Satu sumber mengatakan jangankan dikritik, disampaikan saran saja mereka ngambek.

Maksud saya ngapain gebyar kali saat launching. Dan dengarlah penyampaian Plt Nova Iriansyah pada acara itu. Apa tidak miris kita? Atau beliau kehilangan rasa, sehingga mudah sekali berjanji dan bombastis. Tak peduli konsekuensi, apalagi realisasi. Saran saya, jika Pak Nova ingin dibanggakan anak cucu, bicara seadanya saja, semampu yang bisa dilakukan, jangan terus-terusan menjadi blunder.

Menutup tulisan ini saya kutip apa yang ditulis  al-Munawi dalam tafsir Faidhu al-Qadir yang mengutip pernyataan Ali al-Qari. Kata Al al-Qari:  “Adalah jika mereka baik niscaya Allah Azza wa Jalla akan memberikan kekuasaan kepada orang baik, jika mereka jahat niscaya Allah akan memberikan kekuasan kepada orang jahat dari kalangan mereka, sebagaimana ungkapan perbuatan kalian adalah pemimpin kalian, juga sebagaimana keadaan kalian, begitulah keadaan pemimpin kalian.”

Semoga bukan seperti itu kami rakyat Aceh. Tapi jika pun begitu, maka kita rakyat Aceh perlu melakukan taubat massal. Semoga saya salah.[**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.