11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Covid 19 di Aceh, Siaga dengan Akal Sehat!

...

  • portalsatu.com
  • 27 June 2020 20:30 WIB

@cnn
@cnn

Oleh: Taufik Sentana*

Covid 19 mungkin akan masuk ke fase yang meresahkan, bila kita tilik dari lonjakan kasusnya, walau tidak signifikan, tapi kecenderungannya meningkat. Itulah yang sampai ke kita di Aceh lewat berita mainstraim ataupun media online dalam dua pekan terakhir.

Paling rumit adalah, sebaran kasus dan zonanya yang berbeda, sehingga bentuk kesiagaannya pun berbeda pula, sementara itu berita yang datang ke masyarakat begitu cepat dan perlu dikroscek kembali. Di samping itu, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah pusat dan daerah mesti difollow up, bila tidak, akan menimbulkan kerumitan baru dalam penanganan kasus yang dianggap positif. Minimal, kapitalisasi kasus ini dan jebakan politik anggaran di dalamnya mesti dapat dipatahkan tanpa sentimen dan arogansi.

Pemerintah setempat mesti berfikir dan  belajar cepat dari beberapa kasus yang telah terjadi di belahan daerah lain. Dari model kesiagaan, edukasi masyarakat dan penanganan taktis yang berkaitan dengan penjagaan di perbatasan ataupun  usaha menghambat potensi transmiter sebaran kasus positif Covid 19, seperti pasar, kantor dan lembaga pendidikan.

Untuk kasus Aceh, misalnya, pada saat fase normal baru nasional digalakkan, kita sedang mengalami lonjakan awal kasus yang perlu diwaspadai. Artinya, model normal baru versi nasional belum tentu  sejalan dengan usaha kita agar penyebaran virus ini tertekan.

Dalam menyikapi ini, sikap apatis dan abai masyarakat serta kepanikan yang berlebihan sama negatifnya dalam membangun kesiagaan untuk menekan kasus covid 19. Maka sangat diperlukan proaktif dari pemerintah dalam menggalakkan kesiagaan dan edukasi secara tepat, setidaknya setiap warga bisa waspada secara mandiri, memelihara diri dan tetap bernalar dengan akal sehat, tanpa ada rasa meremehkan kasus covid 19 di daerah kita.[]

*Praktisi Pendidikan Islam.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.