12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Habis Akal

...

  • portalsatu.com
  • 28 May 2020 19:30 WIB

@CNN
@CNN

Oleh Taufik Sentana*

Belum habis berita konser amal untuk dana Covid 19 yang konon modalnya lebih besar dari hasil yang didapat, dan sosok M Nuh yang viral karena sanggup "membeli" sepeda motor lelang dengan harga fantastis, muncul pula berita ungkapan tokoh Nasional yang membikin sensasi.

Banyak sudah parodi elit negeri yang seakan berseloroh saat menghadapi perkara-perkara pelik. Dari soal harga  bahan pokok yang meroket hingga ide narapidana yang dibebaskan (dengan syarat) pada masa pandemi Corona, juga perihal proyek Ruang Guru yang mencapai 50 T melebihi modal membuat  film terkenal di dunia.

Kembali ke poin awal, perihal konser amal di atas tadi, termasuk yang dianggap menyakiti hati masyarakat muslim yang selama ini "dilarang" ke masjid, agaknya peringatan Nuzulul Quran pun tak ada pada tahun ini.

Sedangkan ungkapan Pak Prof yang meyatakan korban Corona masih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah korban kecelakaan lalu lintas, sejatinya adalah kesalahan dalam bernalar. Sebab antara Lakalantas dan Pandemi Corona tidak sebanding dalam alur hukum logika. Walaupun mungkin, yang dimaksudkan adalah agar kita berfikir positif dan tidak menyalahkan pemerintah. Apalagi sampai disebut pula bahwa Corona seperti istri yang susah diatur.

Kita sebagai masyarakat bawah, dalam memandang joke dan meme seperti di atas hanya dengan senyum tak habis pikir. Kasus-kasus seperti itu dan hal lain yang sejenis, mengisyaratkan gaya "habis akal" yang sedang ditunjukkan pemerintah.

Sudah saatnya kita untuk terus bersinergi agar pemerintah semakin mudah bernalar di samping hutang yang terus menumpuk.[]

*Peminat Kajian sosial-budaya. Menetap di Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.