26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Haji Bukan Sebatas Prosesi

...

  • portalsatu.com
  • 01 August 2019 11:00 WIB

@Reuters
@Reuters

Oleh Taufik Sentana

Ikatan Dai Indonesia, Aceh Barat
(Penulis Kuantum Haji dalam Media ini)

Musim haji kembali tiba. Kita doakan agar semua saudara kita yang berhaji tahun ini dapat menyempurnakan rukunnya dan  memperoleh predikat mabrur. Yaitu kualitas yang mencerminkan  sikap "Birr", kebajikan tinggi. Sikap ini muncul dari perjalanan haji yang bukan sebatas prosesi.

Sedari dulu, berhaji bukan perkara biasa dan mudah. Bahkan ia hanya diperuntukkan bagi yang mampu secara utuh. Persiapannnya bukan fisik semata, tetapi juga finansial dan ruhiyah. Maka di Alquran disebutkan secara tekstual  bahwa bekal maknawi berhaji adalah "Takwa", fa inna khairuzzadit-taqwa.

Dalam berhaji tidak hanya menapak-tilas jejak Nabi Ibrahim AS, tapi mecakup pula simbolisme keummatan, kemanusiaan dan bahkan "gambaran" mahsyar.

Bila di atas disebutkan bahwa takwa sebagai bekal berhaji, maka setelah melampaui prosesi dan ritual haji,  diharapkan agar kepulangan Jamaah Haji nantinya membawa buah dan makna dari Takwa  tadi. Diantara buah takwa yang terbaik adalah perilaku "Ihsan"
(disebutkan maknanya dalam Hadis Sahih). Dengan sikap ini seorang dapat meletakkan makna cinta dan benci secara adil, serta dapat mengutamakan setiap gerak-lakunya sebagai pengabdian kepada Allah, sehingga selalu berorientasi pada kepentingan yang lebih tinggi dan terhindar dari materialisme. Kita pun dapat mencicip hasilnya dalam ranah perbaikan sosial dan aspek manfaat lainnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.