23 January 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Keluarga sebagai Pintu Peradaban

...

  • portalsatu.com
  • 26 October 2019 12:00 WIB

Keluarga romantis. @Shutterstock.com
Keluarga romantis. @Shutterstock.com

Keluarga adalah perisai terbaik dalam menghadapi badai zaman yang penuh tantangan. Bahkan keluarga memberikan peluang preventif agar anak (si penerus nilai keluarga) mengenal watak lingkungan dan tantangannya. Dalam struktur sosial berbangsa keluarga menjadi unit terkecil yang sangat berperan membangun kemajuan.

Sebagai lingkungan pertama dan terdekat bagi anak (anggota keluarga), keaadaan keluarga menjadi pembangun konsep diri, harapan dan cita cita. Keluarga tidak hanya kumpulan orang orang yang disatukan dalam lembaga pernikahan dan kekerabatan darah, tapi juga lembaga interaksi yang saling memberi pengaruh positif guna mencapai tujuan masyarakat, atau mencapai tujuan tinggi yang transenden.

Kemoderenan dan tuntunan kerja serta rutinitas yang monoton bisa menjadi pemicu hilangnya diminisasi interaksi dalam keluarga. Hilangnya gairah bersama, saling berbagi, mendengar, menghayati dan menyelesaikan masalah secara bersama dengan penuh komitmen.

Salah satu medium yang paling baik adalah dengan menyediakan waktu khusus dan berkala, untuk kegiatan intens terpadu. Semacam majelis keluarga yang bisa dilakukan di akhir pekan, sejak kamis malam hingga ahadnya. Dalam majelis tersebut bisa menjadi ajang saling bicara, selain saat makan bersama, saling berpendapat dan mempelajari kondisi keluarga dari berbagainaspek. Di dalamnya juga bisa diisi dengan rangkaian kajian keluarga, ta'lim, membaca Alquran bersama, bahkan dengan mengundang tokoh agama,  atau anak yatim  untuk makan bersama.

Kiranya dengan majelis keluarga yang intens tadi, dapat membangun ketahanan keluarga, keakraban dan menjadi kunci utama pembuka peradaban.[]

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.