15 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketika Saudagar Aceh jadi “Pengemis”

...

  • portalsatu.com
  • 15 November 2019 14:10 WIB

Logo KADIN Aceh
Logo KADIN Aceh

Dulu para saudagar Aceh menyumbangkan harta bendanya untuk membangun Aceh, kini para saudagar Aceh ikut menggerogoti uang daerah hanya untuk kebutuhan alat kantor dengan istilah pinjam pakai barang.

Oleh Juli P Mundo

Sebuah ironi Aceh masa kini, jika para pengemis dan peminta-minta setiap hari lalu-lalang dari satu warung kopi ke warung kopi, hal yang biasa, mereka mencari sedikit kedermawanan dari orang-orang, sekadar untuk bertahan hidup. Meski tak dipungkiri ada juga para pengemis merupakan orang yang berkecukupan. Itu persoalan lain.

Yang paling menohok adalah, dalam minggu ini publik Aceh dihebohkan dengan berita bahwa organisasi tempat para saudagar/pengusaha Aceh berkecimpung, yakni Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Aceh, masih “mengemis” minta pinjam pakai barang dari Pemerintah Aceh. Pengusaha kok bermental peminta-minta.

Atas apa pun namanya itu, baik dengan alasan sebatas sokongan anggaran daerah untuk fasilitas kantor mereka, tetap saja itu menggunakan uang rakyat. Selain tidak ada aturan untuk mendapat bantuan itu, item fasilitas yang diminta terbilang mewah dan mahal walau tidak begitu penting. Sementara jumlah anggaran negara atau daerah dihabiskan mendekati angka Rp 3 miliar.

Ya, Rp 3 miliar. Berapa puluh rumah untuk kaum duafa bisa dibangun dengan anggaran sebesar itu? Menurut hitungan Koordinator Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Alfian, jika uang tersebut dapat membangun 32 rumah duafa.

Tapi, untungnya bantuan untuk KADIN itu akhirnya dibatalkan setelah dikritik banyak pihak, baik secara langsung maupun melalui media. Pemerintah Aceh yang tidak ingin menjadi bumerang, akhirnya membatalkannya. Bayangkan jika tidak ada yang menyorotnya, hampir Rp3 miliar itu akan masuk "kantong" KADIN.

Kita berharap semoga pembatalan tak sekadar ucapan, tapi murni dijalankan. Toh, nantinya juga akan ketahuan. Sebab, masih ada lembaga audit lain yang akan membukukannya. Semoga![]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.