09 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kita Perlu Sinergi dalam Siaga Darurat Covid 19

...

  • portalsatu.com
  • 26 March 2020 09:00 WIB

@Freepik-shayne/ch13
@Freepik-shayne/ch13

Telah sampai waktu kita untuk saling menjaga dan menguatkan. Semoga tidak sampai pada tahap dimana kita akan semakin egois dan beringas. Terutama dalam menyikapi stressing wabah corona ini yang belum menunjukkan penurunan.

Bila sekiranya semakin maksimal usaha kita dalam menekan penyebaran wabah ini lewat "isolasi" dan tanpa kegiatan di luar kecuali kegiatan urgen, maka akan berdampak pada perkembangan mental dan sosial-ekonomi khususnya.

Katakanlah, misalnya kita perlu jeda hingga dua atau tiga bulan ke depan, apakah siswa yang "belajar" di rumah masih dengan pola yang sama? Dan bagaimana nasib finansial bagi mereka pemasukannya tergantung aktivitas harian? Serta bagaimana posisi warga masyarakat yang rentan secara ekonominya?.

Maka pada tahapan awal ini, saat masih siaga darurat seperti yang diserukan Plt Gubernur Aceh, kita perlu melirik pola penguatan masyarakat di masa ini dan sinergi bagaimana yang diperlukan.

Beberapa instansi/lembaga/perorangan telah memulai sinergi dan solidariti ini dengan donasi dan pemotongan gaji. Baik itu untuk penunjang kesehatan, pemberdayaan karyawan dan bantuan masyarakat terdampak. 

Diantara mereka ada yang berjanji menanggung biaya keluarga korban wabah Corona. Ada yang berdonasi hingga 1 sd 4 milyar untuk penanganan kesehatan di masa ini. Ada yang memangkas gaji untuk keperluan yang sama, bahkan ada yang mencapai 100 milyar.

Seorang kawan yang aktif di lembaga zakat, bahkan mensinyalir perlunya badan Ziswaf atau Baitulmal menggerakkan budaya jaminan sosial saat musibah, terutama bagi yang terdampak langsung atau masyarakat umumnya.

Khusus di Aceh, yang baru penulis ketahui, ada instansi pemerintah kota yang mengalokasikan dana sekitar 40 M untuk penanggulan awal darurat siaga ini. Ada juga desa yang meliris 50 juta untuk tanggap siaga di gampong.

Diperlukan forum sinergi khusus agar semua sumberdaya yang kita miliki dapat menyatu dan capaiannya dapat kita kelola serta tepat sasaran. Dan sepertinya, dalam kondisi sekarang, kita tidak mesti tergantung pada pemerintah semata. Walau idealnya pemerintahlah yang mengelola segala "susah dan senang" kita.[]

Taufik Sentana
Pegiat Pengembangan SDM

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.