06 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Motif Motif Gowes Seksi

...

  • portalsatu.com
  • 07 July 2020 18:00 WIB

Para pesepeda saat menyampaikan pernyataan penyesalan di kantor Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh. Foto: Istimewa
Para pesepeda saat menyampaikan pernyataan penyesalan di kantor Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh. Foto: Istimewa

Oleh: Taufik Sentana*

Berita tentang goes seksi menjadi tak enak didengar dan tak enak dituliskan. Walau mungkin kejadiannya sudah selesai dan tim goes itupun sudah minta maaf.

Tapi sungguh, ini sangat menyeruak hati. Bahwa kejadian khilaf ini tampak sengaja dan menihilkan warna Aceh yang berkhas Islam. Kita tidak menafikan bentuk pelanggaran lainnya yang pasti terjadi, tapi peristiwa yang terbuka seperti ini sangat mengundang tanya: Apakah ini hanya riak kecil pelanggaran syariat yang tampak? Apakah ada motif sensasi dan kekhilafan semata? 

Disini mungkin kita hanya mempelajari gejala saja. Bahwa persepsi publik tentang pengamalan ajaran Islam mesti perlu terus dikuatkan secara positif. Artinya, kejadian goes seksi ini semacam konfrontasi langsung dan unjuk "kebolehan", yang bisa saja ada alasan pembenaran ala kebebesan berekspresi. Ada rumpun liberasi yang pada geliat sosial kita, ada kelunturan nilai dan norma dalam sebagian masyarakat kita. 

Poin di atas tidak hanya berkait pada pola pergaulan atau upaya menutup aurat. Tapi semua yang terkait terhadap peluang pelanggaran lainnya, terkhusus pergaulan bebas muda mudi, etika bermedia sosial, perjudian, dan seterusnya.

Selain penguatan sistem nilai berdasarkan pemerintah, dalam skala masyarakat, kontrol sosial mesti selalu sejalan dengan kepentingan Kehidupan Islam di Aceh. Apa yang terjadi dengan goes seksi diatas adalah bagian kecil pentingnya kontrol sosial dan kerjasama semua pihak. Di samping itu, kita tetap menelusuri motif motifnya dan faktor pelingkupnya, agar kita bisa menekan perilaku pelanggaran lainnya.[]

 

*Peminat kajian sosial.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.