10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mungkin Kita Tidak Pernah Sekhawatir Sekarang.....

...

  • portalsatu.com
  • 24 March 2020 20:00 WIB

 

Kita selalu pernah merasa khawatir. Khawatir untuk hal hal lazim yang dikhawatirkan. Kita pernah khawatir saat konflik di Aceh, ada jam malam, ada baku tempak di daerah rawan, ada razia di perbatasan dan banyak pos pos tentara.

Kita juga pernah khawatir sebab musibah besar, seperti gempa, tsunami dan banjir atau saat kabut asap menyelimut. Mungkin juga khawatir tentang kecukupan keperluan dapur dan biaya belajar anak. Atau kita khawatir tentang kesehatan orangtua kita, dan khawatir akan penyakit tertentu.

Tapi, sungguh tak terbayangkan, bahwa kita akan sekhawatir sekarang, bahkan setakut sekarang ini. Khawatir akan terpapar virus corona, khawatir tertular dan menularkan. Walau khawatir ini diperlukan sebagai siaga. Tapi, kita tidak pernah sekhawatir ini.

Karena khawatir ini, semua jadi serba dibatasi, jarak interaksi dan jarak shaf shalat juga dibatasi. Banyak negara telah menutup" diri, banyak warung dan plaza menjadi sunyi. Banyak jalan jalan menjadi lengang dan kota kota menjadi senyap. Bahkan untuk membuka pintu masjid kita khawatir memegang gagang pintunya. Sampai bersalamanpun seakan canggung dan cemas.

Lihatlah kekhawatiran kita sekarang, pernahkah kita sekhawatir ini? Belum lagi masalah kesiapan penanganan, isolasi dan recoveri serta imbas sosial-ekonominya.

Mari letakkan khawatir kita sewajar mungkin sebagai bentuk waspada bukan sebagai pobia yang tak ada ujungnya. Kekhawatiran kita mesti bersandar pada keyakinan, usaha dan tawakkal. Sungguh, istighfar dan shalawat adalah salah satu resep pelepur khawatir.[]

Taufik Sentana
Peminat literasi dakwah

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.