10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Otak Maskulin

...

  • portalsatu.com
  • 24 February 2020 21:00 WIB

@istockphoto
@istockphoto

Sejak tahun 2000an, semakin berkembang penelitian terapan tentang kinerja otak. Tujuannya mungkin untuk memahami detil perspektif manusia, rahasia-rahasianya dan kepentingan persoalan hidup: seperti hubungan antar-individu dan kreativitas.

Secara lahiriah, otak maskulin adalah otak, kinerja dan aktivasinya yang dinisbahkan kepada pria. Telah banyak diketahui bahwa sistem kerja dan respon otak pria dan wanita sangat jauh berbeda, hakikatnya, keduanya saling melengkapi, begitu fitrah dari Pencipta.
Karena berbeda, maka sering terjadi kesalahpahaman dalam hubungan dan pola asuh, yang bisa jadi berimbas pada penyimpangan moral ataupun kriminal.

Pada sesi ini, otak maskulin (pria) ada yang bersifat ekstrim. Yaitu dominasi hormon kelelakian yang sangat tinggi. Akibatnya akan sangat kaku pada hubungan antarindividu, sulit mengekspresikan kasih sayang dan berat dalam mengerjakan aspek feminim yang sesekali diperlukan, seperti menyapu, memasak, menggendong anak atau ke pasar sayur.

Di bagian ini, kita ingin menekankan pentingnya otak maskulin, yang mencitrakan kinerja lelaki secara khusus. Tetapi tetap perlu menyeimbangkan sisi belahan otak feminim, yang penuh gairah, warna, irama, keceriaan, kasih sayang atau kelembutan dengan beragam variasi pendekatan yang wajar dan memungkinkan. Minimal kita dapat kembali belajar tersenyum dengan jujur, lebar dan menyapa dengan ramah.[]

Taufik Sentana
Piminat kajian psikologi populer
Praktisi pendidikan Islam.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.