15 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pahlawan dan Kondisi Kita Sekarang

...

  • PORTALSATU
  • 09 November 2018 20:00 WIB

ilustrasi. Foto via penapostcom
ilustrasi. Foto via penapostcom

Oleh Taufik Sentana*

Ada anggapan bahwa yang banyak sekarang adalah pahlawan kesiangan, pahlawan yang tak diharapkan. Bukan pahlawan yang karakternya terbentuk lewat perjuangan, kemurnian niat dan tanggung jawab.

Pahlawan yang harinya dijadikan ingatan publik, adalah bentuk lain menghargai nilai kepahlawanan secara struktural. Perlunya ingatan itu untuk menghidupkan nilai-nilai yang dimiliki seorang pahlawan, yang diakui berjasa dalam bidangnya.

Dalam praktik keseharian kita, dan apa yang sering kita alami, kita selalu membutuhkan sosok yang betul-betul memiliki karakter pahlawan. Tidak hanya dalam bidang perjuangan fisik, tapi di setiap sendi kehidupan bernegara kita. Baik di rumah, ruang publik, lembaga pemerintah ataupun di sektor yang mungkin dianggap sebelah mata oleh kebanyakan orang.

Sejatinya kita akan selalu membutuhkan pahlawan, sosok dengan karakter pahlawan: Berjuang, niat murni dan tanggung jawab. Karakter yang melekat itu akan menjauhkannya dari sikap hanya mementingkan diri sendiri dan golongannnya.

Dengan sikap ini seseorang, siapa pun dia, akan selalu memberikan dampak sosial dan kebaikan yang ia tinggalkan akan membekas, walaupun mungkin ia tidak disebut pahlawan.

Sosok itu bisa berupa Ayah dan Ibu kita, orang terdekat yang memberdayakan kita, para guru terbaik, atau hanya seorang teman yang telah menyelamatkan kita dari gelapnya "malam" hingga kjta dapat melihat bintang.[]

*Taufik Sentana
Guru, peminat kajian sosial-budaya.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.