26 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Peluang Bagi yang Miskin

...

  • portalsatu.com
  • 04 August 2020 13:00 WIB

@liputan6.com
@liputan6.com

Oleh: Taufik Sentana*

Miskin pada realitas struktur masyarakat yang egaliter dan beradab bukanlah kehinaan. Sebab, miskin sebagai realitas sosial tidak sama dengan "sikap miskin. Dalam realitas kita, miskin seiring dengan rangkaian variabel yang panjang dan rumit. 

Maka diperlukan tatanan sosial yang beradab, seperti telah disebut di paragraf atas. Hal ini perlu agar miskin hanya menjadi sunnah/kelaziman natural: selama tidak ada ketimpangan, penindasan dan ketidakadilan.

Beberapa ulama akhlak menyampaikan bahwa, miskin tidak selalu hina. Selama seseorang masih menjaga marwahnya, tidak meminta minta, tidak mencuri dan tidak mengganggu hak saudaranya.

Diantara poin keberadaban yang ditampilkan untuk membantu keperluan saudara kita yang terindikasi miskin adalah dengan jaminan dari Islam prihal hak hak mereka. Contoh awal yang paling kita ingat adalah setelah Abu Bakar RA memerdekan Bilal, keduanya telah sama sama menjadi "tuan", kata Baginda SAW.Bukan berarti serta merta bilal menjadi orang kaya, tapi "kemiskinannya" tidak menjadikannya hina, bahkan, sudah terdengar suara tapak kakinya di surga.
 
Berkaitan dengan contoh di atas, ada peluang yang bisa diterima/didapatkan oleh kelompok terkategori miskin, yaitu : RELASI DAN AKSES. Dalam tuturan Ippho Santosa (motivator bisnis), dua ukuran tadi bisa menjadi peluang untuk terlepas dari kemiskinan.

Peluang itu bisa diciptakan oleh sistem sosial yang adil lewat lembaga. Atau diciptakan oleh si pribadi yang ingin melepaskan diri dari tipikal "miskin" dalam pandangan umum. 

Artinya, si pribadi mesti memperluas relasi dan jaringan/komunitasnya lalu berupaya mendapatkan akses (keterhubungan) dalam membantu capaian tujuannya dengan cara cara yang mulia.[]

*Pegiat Filantropi Islam

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.