22 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Saatnya Menghimpun Energi

...

  • portalsatu.com
  • 24 April 2019 09:30 WIB


Oleh Taufik Sentana

Dalam relasi sosial, energi berpusat pada dominasi interaksi yang berlaku. Individu tentu memiliki kekuatan otonom dalam menakar pengaruh dari warna interaksi tersebut. Artinya, setiap kita bisa menata energi potensial kita masing-masing dan menghimpunnya dalam bentuk baru dengan norma-norma berlaku.

Karena interaksi memerlukan arus yang konstan dalam menata hubungan antar-komponen sosial, termasuk pranata dan mass media, maka kita juga mesti selalu dapat merujuk ke sistem nilai kita yang asli sebagai bangsa dan sebagai warga negara dengan nilai lokal yang independen. 

Sistem nilai bersama inilah (konsensus dan solidaritas) yang bisa berperan dalam menghimpun energi kita untuk mencapai hasil dari makna bernegara secara utuh, setidaknya dapat mencerminkan kandungan nilai lima sila yang kita anut.

Semua tokoh dan pelaku yang terlibat dalam interaksi sosial kita mesti memberikan kontribusi relevan dalam peran masing-masing
dan melepas ego personal dan kelompok semata. Perlu pula masing masing kita dapat melihat dan menjamin bahwa keadilan dan hak hak dasar sebagai warga negara (masyarakat) terdistribusi dengan baik.

Bila lalu lintas energi dalam sistem sosial kita tidak terhimpun dengan baik, atau bahkan tampak simpang siur dan kabur, maka akan melemah pula daya bangkit kita dalam menopang kemajuan dan semua yang kita cita-citakan.


*Peminat kajian sosial-budaya. Menetap di Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.