19 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Santri, Usaha Menjadi Cahaya

...

  • portalsatu.com
  • 08 October 2019 20:34 WIB

Salat. @sutterstock.
Salat. @sutterstock.


Oleh Taufik sentana

Ikatan  Keluarga Alumni  Pesantren Darul Arafah Medan. Menetap di Aceh Barat. 
Tamat 1996.

 

Mungkin tak banyak yang percaya bahwa santri merupakan diantara makhluq Allah yang aneh. Ada yang menganggapnya sebagai suatu kodrat. Santri, ya mesti aneh! Disini aneh tidak bermakna jelek, melainkan penampakan dari sikap yang otonom, walau bisa saja sikap aneh itu menjadi kebablasan : serba boleh, hingga menimbulkan masalah.

Aneh bisa menjadi wakil idiom rasa yang asing di tengah watak zaman yang keras dan sesak oleh keperluan materialisme. Bahkan memilih menjadi santri saja merupakan keanehan.Misal, kenapa tidak memilih sekolah yang borjuis, mapan dan penuh dinamika yang wah?

Walau santri sangat dekat dengan kaum sarungan, balai reot dan kelas bawah, itu tidak menyurutkan niat mempelajari ilmu agama (khususnya). Sebab, aroma modernisme bisa saja mengenai nilai hidup mereka tanpa merusak tatanan lama yang baik. Hingga nantinya santri bisa menjadi apa saja, boleh bergelut di bidang apa saja yang membawa manfaat bagi umat. Mungkin yang tak boleh dilakukan kaum santri hanya menjadi penganguran tanpa amal kebaikan sama sekali. Selebihnya mereka sudah dianggap cukup, minimal untuk mencahayai diri sendiri tanpa membakar diri seperti lilin.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.