31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Setelah Ketaatan, Seorang Muslim akan Diuji dengan Persaudaraan

...

  • portalsatu.com
  • 03 February 2020 21:50 WIB

 

Oleh Taufik Sentana.
Ikatan Dai Indonesia. Kab.Aceh Barat.
Penulis antologi bersama "Logika Kemuliaan Hidup" Ikapda-afkari Aceh. 2019.

Diantara keindahan ajaran Islam ialah kelengkapan dan totalitasnya saat diterapkan dalam kehidupan. Baik dalam skala individu ataupun sosial. 

Prinsip aplikasi ajaran Islam yang lengkap itu (syamil), tidak hanya menjamin stabilitas masyarakat dan peradabannya, tetapi juga mendatangkan rahmat dan ampunan Allah. Dan rahmat Allah itu bisa tampak pada setiap aktivitas masyarakat, kemudahan yang dirasa, rasa aman dan sikap masyarakat terhadap penerapan ajaran Islam. Walau pasti, semua dilampaui secara bertahap lewat edukasi keluarga,lembaga sosial dan pemerintah.

Hanya saja, totalitas ajaran Islam tadi, tidak hanya wujud semata pada seremoni ibadah personal (makhdhah), tapi mestilah tercermin pada aspek sosial, seperti kepedulian, tidak mencela,   jauh dari ghibah, dusta dan bahkan terhindar dari membunuh.

Di samping itu, selain mencapai watak "hamba", abid lewat ragam aspek amal hasanah (setiap amal baik karena Allah),  seorang muslim mesti merefleksikan sikap ibadahnya pada skala ukhuwah Islam yang murni. Ia mestilah mencintai sesama muslim (khususnya) sebagaimana mencintai diri sendiri. Petikan ayatNya, berbunyi, " Jadilah hamba Allah yang penuh rasa persaudaraan". 

Seakan petikan ayat ini menguatkan pada kita betapa urgennya memelihara persaudaraan dan menguatkan rasa itu berdasarkan iman kepada Allah dan rasulNya.

Kealpaan kita akan hal ini tentu  menghambat kemajuan masyarakat muslim, memancing pertikaian dan menghalangi rahmat Allah. Sungguhlah, bahwa setelah ujian ketaatan, seorang akan diuji dengan rasa persaudaraan. Dan setanpun akan selalu membisikkan permusuhan itu: Moga kita terlindung dari setiap sikap buruk.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.