22 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Surat Kepada Pemuda

...

  • portalsatu.com
  • 29 October 2019 18:00 WIB

Para pemuda adalah matahari zaman. Di tangan pemuda zaman berbunga dan berbuah karya sempurna, sedang di kaki mereka kehidupan masyarakat berpijak. Sejak nabi nabi diutus selalu bergantung pada pemuda, bahkan pemikiran besar dunia modern juga bertumpu pada kaum muda. Pemikiran pemikiran itu bisa yang baik dan murni atau pikiran dangkal dan merusak, semuanya bertolak dari para pemuda.

Seluruh energi pemuda mesti habis dan tumpah untuk kepentingan yang tinggi dan mulia, untuk perbaikan dan mashlahah atau perbaikan diri.Perhatian yang tepat terhadap generasi muda menjadi jaminan tegaknya nilai nilai masyarakat. Segudang  godaan dan arus deras pergeseran budaya adalah tantangan biasa, semua mesti dihadapi dan dilalui dengan arif dan kesadaran penuh, tanpa harus gagap dan saling menyalahkan.

Yang paling berharga dari para pemuda, selain energi mereka, adalah waktu mereka yang sangat lapang. Hendaklah selalu berorientasi pada kemajuan dan memaksimalkan kemampuan, pemahaman dan skill untuk menuntaskan zaman.

Senyawa yang paling baik bagi kehidupan pemuda adalah ikatan batinnya yang kuat akan keyakinan Islam dan memperjuangkannya dengan beragam cara yang konstruktif. Tidak mesti tegak di mimbar atau berada di depan kelas. Para pemuda bisa memulainya dengan kemasan moderen tanpa kehilangan substansi. Sebab, tak ada panggilan terbaik selain menyeru kepada kebaikan atau menolak yang mungkar. Bila hal tadi dianggap radikal, biarlah ia begitu adanya selama disampaikan dengan penuh hikmah.


Selamat kepada Para Pemuda.[]

Taufik Sentana
Pegiat literasi sosial dan budaya.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.