31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tentang Waktu Ashar

...

  • portalsatu.com
  • 01 January 2020 12:30 WIB

Kata "Ashru" (ashar) yang tercantum dalam Alquran mengacu pada makna umum tentang rentang waktu. Kata ashru selanjutnya menjadi makna waktu yang menunjukkan sore hari, sebelum waktu beralih menjadi senja dan malam.

Sehingga waktu ashar dapat mencerminkan perjalanan aktivitas kita sejak pagi dan siang hari. Walaupun setiap rentang waktu memilili urgensi dan keutamaan sendiri, waktu asharpun menjadi batasan puncak produktivitas dan efisiensi energi kita untuk menghasilkan atau mewujudkan sesuatu secara alamiah.

Pada sudut yang lain, kata "ashru" juga semakna dengan "perasan, hasil perasan". Ini mengindikasikan bahwa kita perlu memaksimalkan ikhtiar dalam hal apapun, "memeras" segenap energi dan sumberdaya guna menghasilkan yang terbaik untuk keperluan dunia ataupun akhirat.

Namun dalam surat Al-ashru yang mashur di kalangan muslim, indikasi capaian terbaik setiap anak manusia adalah saat ia mengaitkan setiap amalnya dengan rasa iman. Serta berkontribusi secara sosial dengan prinsip saling menasihati dengan hak (kebenaran) dan bersikap sabar. Bila tidak, maka semua aktivitasnya akan sirna tak ternilai.[]

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.