12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tujuh Hal Penting Saat Anak Belajar di Rumah

...

  • portalsatu.com
  • 31 May 2020 12:00 WIB

@Getty Images
@Getty Images

Oleh Taufik Sentana*

Sekolah dari rumah kembali diperpanjang untuk sebagian besar wilayah kita. Setidaknya kegiatan belajar tersebut sebagai penutup pada semester ini. Semoga semua akan normal saat tahun ajaran baru dimulai nanti.

Berikut ada beberap poin penting untuk diperhatikan saat anak belajar di rumah, baik saat fase pandemi atau kapan saja.

Pertama, memastikan orientasi belajar. Apakah kegiatan belajar itu sebagai formalitas atau memiliki skla tujuan yang lebih terstruktur dalam membentuk skill dan karakter si anak.

Kedua, memilah materi ajar yang pokok dan menyiapkan mentornya. Sedkitnya ada tiga materi pokok yang mesti dikuasai anak, atau bahkan lima. Untuk anak yang berbakat umumpun mesti diberi tahapan penguasaannya agar ia menguasai dengan utuh.

Ketiga, fase pandemi menimbang skala kita akan sekolah formal. Kita bisa membuat ruang bagi berkembangnya sekolah virtual yang relevan dengan kondisi anak, keluarga dan keperluan masa depan. Artinya, pihak keluarga dan anak bisa memaksimalkan peran tekonologi informasi saat belajar di rumah.

Keempat, menyiasati kegiatan berbasis sosial, untuk membangun interaksi dan rasa empati serta daya untuk memperbaiki lingkungan.

Kelima, mendorong kemandirian belajar. Setelah menyesuaikan waktu dan sarana, si anak mesti dapat memaksimalkan kemandirian untuk mengekspolasi pengetahuan dan pengalamannya sambil tetap dalam bimbingan orang tua dan mentornya. Kemandirian diperlukan karena belajar merupakan aktivitas seumur hidupnya, agar ia terus berkembang dan memaksimalkan diri.

Keenam, menilik kembali kompetensi dasar dari setiap jenjang sekolah. Atau memastikan kembali kompetensi pokok apa yang paling mutlak dalam hidup si anak. Misal, sebagai muslim, dasar pemahaman dan pengalaman ajaran Islam apa saja yang mesti tuntas ia kuasai pada waktu tertentu, sehingga menjadi dasar kokoh bagi kepribadiannya.

Ketujuh,mengaitkan capaian belajar dan kemampuan anak dengan konteks hidupnya, memastikan agar setiap yang ia pelajari mendatangkan makna dalam keseharian. Kita perlu mendorong si anak untuk berkreasi serta mengelola setiap sumberdaya guna mendatangkan manfaat yang lebih luas.

Demikianlah tujuh hal pokok yang bisa dikembangkan lagi sebagai dasar pijakan belajar dari (di) rumah. Baik itu saat pandemi ataupun pada waktu lain, guna memaksimalkan peran keluarga dalam mendukung program sekolah formal.[]

*Praktisi pendidikan Islam.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.