09 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Wabah Covid 19, Seberapa Mahal Hikmahnya?

...

  • portalsatu.com
  • 25 March 2020 18:00 WIB

Ilustrasi. @Via @facebook.com/zainalabidin
Ilustrasi. @Via @facebook.com/zainalabidin

Disebutkan dalam FirmanNya yang suci, barang siapa yang diberi hikmah sungguh ia telah diberi kebaikan yang banyak.

Hikmah bisa diartikan sebagai pelajaran yang didapat dari suatu kejadian dan gejala. Kaum beriman selalu percaya bahwa selalu ada hikmah dibalik setiap perkara yang menimpa kita.

Hikmah tersebut bisa yang tampak seperti perubahan perilaku ke arah yang baik atau menambah kedekatan pada Allah. Bisa pula secara maknawi seperti sikap mental dan kesadaran diri tentang kelemahan diri manusia.

Terkait dengan wabah yang menimpa sebagian kita sekarang, cobalah kita hitung berapa mahalnya nilai hikmah itu:
Dari segi pengetahuan terus dipelajari model DNA dan variabel lainnya. Hampir 200 negara telah dijangkau oleh virus ini dengan beragam efek. Ribuan orang telah meninggal dan ratusan ribu sedang direcoveri. Lihat pula dampaknya pada aspek sosial ekonomi, pendidikan dan stressing hidup kita. Semua kecemasan kita tertuju pada virus ini. Sungguh, semua dampak yang kita rasa adalah sangat mahal resikonya. 

Meskipun negara kita belum "terlockdown", tapi denyut aktivitas kita diminta diminimalisir dan masing masing kita mesti merasa bertanggung jawab untuk saling menjaga. Konon, musibah sebesar ini hanya terjadi sekali dalam seratus tahun, dan itu terjadi pada masa kita. Mari mengambil hikmah, dengan taqarrub, saling membantu, memberi dan menyiapkan bekal terbaik dalam hidup. Insyaa Allah.[]

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.