31 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Wasiat Penting Imam Ghazali kepada Orang yang Berilmu

...

  • portalsatu.com
  • 30 September 2020 12:00 WIB

Lukisan Said Alwie.
Lukisan Said Alwie.

Sebagai ahli akhlak dan fokus pada tazkiyatunnafsi guna sampai pada derajat tinggi di sisi Allah, Imam Ghazali memandang ilmu sebagai cahaya yang Allah SWT tanamkan di hari seorang mukmin. Artinya, tiadalah berguna ilmu bila itu tidak mengantar si individu kepada mengenal Allah dan ketaataan.

Pada pengantar kitab Ihya'nya yang mashur, "Bidayatul Hidayah"/Menjelang Hidayah, terbitan Mizan (hal.127), Imam Ghazali mewasiatkan hal pokok bagi seorang alim yang sedang menempuh di jalan Allah, jalan penyucian diri dan perbaikan masyarakat.

Berikut petikannya:
Bila engkau orang yang berilmu, maka perhatikanlah aturan aturan di bawah ini:

Pertama, bersikap sabar dan istiqamah. Kedua, duduk dan bersikap dengan anggun, rendah hati dengan menundukkan kepala. Ketiga, tidak membanggakan diri di depan siapa pun, kecuali di hadapan para penindas, agar ia menjadi kecut.

Keempat, selalu rendah hati dalam setiap pertemuan dan perkumpulan. Kelima, mengurangi canda. Keenam, baik hati dan ramah kepada si penuntut ilmu. Ketujuh, tidak angkuh. Kedelapan, membimbing si penuntut ilmu dengan cara yang baik.

Kesembilan, mau mengakui ketidak-tahuannya. Kesepuluh, penuh perhatian kepada si penanya dan mencoba memahaminya. Kesebelas, menerima hu
jjah orang lain. Keduabelas, berpihak pada yang benar. Ketigabelas, mencegah si penuntut ilmu untuk tidak menuntut ilmu yang merugikannya.

Keempatbelas, menjadikan ilmu sebagai jalan mendekat kepada Allah. Kelimabelas, mengarahkan si penuntut ilmu agar menunaikan kewajiban pribadi sebelum kewajiban bersama. Keenambelas, selalu mengoreksi ketakwaan diri agar perilakunya mudah diikuti dan orang lain bisa mengambil manfaat dari tindakan ataupun ucapannya.


Semoga wasiat Imam Ghazali di atas dapat menjadi pengingat bagi kita yang  menempuh jalan kealiman/keguruan. Baik sebagai tokoh alim, orang tua atau masyarakat umum yang mencintai kebaikan Islam.[]

Disarikan kembali oleh Taufik sentana.
Peminat literasi dakwah dan kesufian.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.